Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vespa Rakitan Lokal Komponennya Berasal dari Mana?

Kompas.com - 12/12/2022, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Piaggio Indonesia telah meresmikan pendirian pabrik seluas 55.000 meter persegi di kawasan Jababeka, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Pabrik di Cikarang, Indonesia, merupakan pabrik ketiga yang beroperasi di Asia Pasifik setelah Vinh Phuc di Vietnam dan Foshan di Tiongkok.

Sebagai awalan, pabrik ini bakal fokus untuk memproduksi merek Vespa. Seperti diketahui, Vespa LX jadi produk pertama yang dipilih untuk diproduksi pabrik Cikarang.

Baca juga: Sulap Fortuner Lawas Jadi Bertampang Lexus

Peresmian Pabrik Piaggio Group di IndonesiaFoto:Piaggio/TONY Peresmian Pabrik Piaggio Group di Indonesia

Ketika ditanya soal berapa kandungan lokal Vespa buatan Indonesia, Piaggio Indonesia tidak menjawab secara detail.

Meski begitu, Ayu Hapsari, PR & Communication Manager PT Piaggio Indonesia, memastikan kualitas Vespa buatan Cikarang tidak ada bedanya dengan yang berasal dari Vietnam ataupun Italia.

“Kita ini tahap awal, orang pabrik bilang bahwa kita pasti cepat atau lambat akan lebih dari itu, untuk saat ini CKD,” ujar Ayu, kepada wartawan, Sabtu (10/12/2022).

Baca juga: Honda SH160i Meluncur Pakai Mesin PCX 160

Part-part-nya sebenarnya sama seperti pabrik di Vietnam, jadi kalau misalkan di Vietnam pun tidak hanya dari Vietnam, tapi ada juga dari Italia. Walaupun pabrikan di Indonesia, standarnya enggak akan beda,” kata dia.

Sebelumnya, Marco Noto La Diega, Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia, mengatakan, pendirian pabrik guna memperkuat ekspansi dan peran strategis Piaggio di kawasan.

"Kami optimis pabrik baru Piaggio Group di Indonesia akan terus berkontribusi menyediakan solusi mobilitas premium Italia seraya memberikan pengalaman gaya hidup yang unik ke industri otomotif Indonesia," kata Marco di Cikarang (23/11/2022).

Pabrik di Cikarang ini akan fokus pada merek Vespa dan untuk perdana hanya memproduksi Vespa LX 125 i-get. Untuk diketahui, pabrik ini memiliki kapasitas produksi 10.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com