Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BBM New Xpander Cross, Tembus 20,3 Km per Liter

Kompas.com - 12/12/2022, 14:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – New Xpander Cross yang meluncur pada pertengahan 2022, mendapatkan penyegaran dari sektor desain dan fitur. Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM-nya?

Kompas.com berkesempatan merasakan pengalaman berkendara dengan New Xpander Cross selama beberapa hari. Rupanya, Low SUV ini bisa memberikan konsumsi bahan bakar yang tergolong hemat.

Di atas kertas, New Xpander Cross mengusung mesin berkode 4A91 1.500 cc MIVEC yang menghasilkan tenaga 105 PS atau setara 103 tk dan torsi 141 Nm.

Baca juga: Sulap Fortuner Lawas Jadi Bertampang Lexus

Desain dasbor dan setir New Xpander CrossKOMPAS.com/SENDY Desain dasbor dan setir New Xpander Cross

Dengan penggunaan transmisi CVT baru, respons mesin terasa halus namun cukup untuk menghela bobot New Xpander Cross.

Saat pemakaian dalam kota, rpm mesin umumnya bermain di rentang 1.500-3.000 rpm. Sementara di rute tol, putaran mesinnya juga terbilang rendah ketika berada di kecepatan tinggi.

Kondisi ini membuat konsumsi bahan bakarnya terbilang irit. Setelah menempuh rute sejauh 60,7 km di dalam, dengan kecepatan rata-rata di MID sekitar 22 km per jam, konsumsi BBM-nya tembus 13,7 km per liter.

Baca juga: Bahaya Asal Posisikan Tuas Transmisi Saat Parkir Mobil Manual

Konsumsi BBM New Xpander Cross bisa tembus 20,3 Km per Liter di rute tolKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Konsumsi BBM New Xpander Cross bisa tembus 20,3 Km per Liter di rute tol

Adapun saat dipakai di rute tol hingga sejauh 104,2 km, dengan kecepatan rata-rata di MID sekitar 78 km per jam, konsumsi BBM-nya tembus 20,3 km per liter.

Sementara itu, rasa berkendara New Xpander Cross kurang lebih masih mirip dengan model lama. Meskipun ukurannya agak besar, tapi didukung setir yang ringan, membuat pengendalian mobil terasa lincah di perkotaan.

Bermanuver di jalan-jalan sempit masih terasa mudah, apalagi posisi duduk yang cukup tinggi membuat visibilitas terasa baik.

Peredaman dan bantingannya pun terasa lebih unggul dibandingkan kompetitor sekelas, seperti Toyota Rush ataupun Suzuki XL7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com