Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Parkir Mundur, Wajib Kenali Titik Referensinya

Kompas.com - 12/12/2022, 11:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Memarkirkan mobil sudah menjadi hal wajib yang harus dikuasai pengendara.

Ada beberapa teknik, yakni parkir posisi mundur atau seri, maju, dan yang dianggap level kesulitannya tertinggi adalah parkir paralel. 

Namun demikian, sebagian orang beranggapan parkir posisi mundur lebih sulit, apalagi bagi yang baru belajar mengemudi atau pemula. 

Meski demikian, ternyata parkir mundur bisa jadi mudah jika mengetahui beberapa patokan tertentu, hal itu mengurangi risiko kecelakaan di tempat parkir. 

Baca juga: Parkir Mobil Matik, Jangan Asal Langsung Pindah ke R

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, materi mengemudi mundur mengenal istilah reference point atau titik referensi. Dengan kata lain, pengemudi mobil benar-benar diwajibkan menguasai ketiga spion

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

"Blindspot di semua bagian kendaraan, tiga buah spion diperhatikan satu-persatu, bersamaan mengarahkan kemudi mobil bergerak sesuai batas aman. Fitur bawaan seperti sensor dan kamera juga memudahkan mengawasi potensi bahaya. Jika dirasa belum aman, bisa turun dari mobil untuk melihat kondisi lingkungan," tutur Sony kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022). 

Baca juga: Mercedes-Benz Rencanakan Produksi Mobil Listrik Dalam Negeri

Saat mengambil haluan posisi yang dianggap aman, Sony menyarankan, pengemudi bisa membuka kaca dan melihat langsung objek yang dinilai berpotensi membahayakan. 

Banyak sekali kecelakaan di tempat parkir karena objek berbahaya yang ketinggiannya seukuran bagasi mobil. Maka dari itu, Sony menyebut, kecepatan mobil saat bergerak benar-benar harus diperhatikan. 

"Kadang-kadang di basement ada benda yang tak terdeteksi sensor mundur. Tiba-tiba begitu saja terdengar bunyi mobil menabrak sesuatu. Antisipasi kasus semacam itu, bisa dilakukan dengan mengatur kecepatan mobil, bisa beberapa kali mengkoreksi posisi kendaraan," kata dia. 

Kamera parkir Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Kamera parkir Hyundai Ioniq 5

Terlebih khusus pengguna mobil transmisi matik, ritme injakan pedal gas harus dijaga sebaik mungkin. 

"Salah injak pedal gas bisa sangat serius, mobil bisa meluncur ke lantai bawah basement atau menabrak kendaraan lainnya," kata dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com