Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Sewa Mobil Lepas Kunci

Kompas.com - 12/12/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang libur Natal dan Tahun Baru biasanya rental-rental mobil mengalami kebanjiran pesanan. Hal itu berhubungan dengan kebutuhan masyarakat untuk bisa menjalankan mobilitas selama liburan.

Di dalam sewa menyewa mobil, terdapat istilah ‘sewa mobil lepas kunci’. Istilah tersebut sering dijumpai dalam urusan menyewa mobil.

Lantas, apa maksud dari istilah lepas kunci tersebut?

Baca juga: Pandemi Terkendali, Rental Mobil Pulih Kembali

Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific GroupDOK. PACIFIC GROUP Bisnis rental mobil di Eropa dari Pacific Group

Pemilik Anang Trans Anang, mengatakan lepas kunci dimaksudkan sebagai sewa mobil tanpa sopir, sehingga penyewa mendapatkan kunci mobil, atau istilahnya kunci dilepas begitu saja.

Sewa mobil lepas kunci maksudnya menyewa mobil tanpa sopir, jadi penyewa akan menerima kunci mobil, mobil bakal disopiri oleh pihak penyewa, bahan bakar juga ditanggung oleh penyewa,” ucap Anang kepada Kompas.com, Minggu (11/12/2022).

Dia mengatakan biasanya sewa mobil lepas kunci dibanderol dengan harga lebih murah karena harga yang tertulis tidak termasuk biaya lain-lain.

Baca juga: Platform Sewa Mobil Zoomcar Hadir di Indonesia

“Jelas harganya lebih murah bila lepas kunci, karena tidak ada biaya untuk bayar sopir, bahan bakar minyak dan lain sebagainya,” ucap Anang.

Dia juga mengatakan sewa mobil lepas kunci biasanya tidak ada asuransi yang diberikan ketika terjadi kecelakaan.

“Semisal terjadi kecelakaan, misal ada kerusakan di mobil, maka pihak penyewa yang harus menanggung biaya perbaikannya, tapi beberapa rental mobil mungkin memberikan asuransi dengan peraturannya masing-masing,” ucap Anang.

Baca juga: Sewa Mobil Rental Lepas Kunci, Ini Persyaratannya

Hal serupa juga disampaikan oleh Pemilik AD Trans Klaten Setiawan. Dia mengatakan sewa mobil lepas kunci banyak diminati lantaran biaya yang dibanderol jauh lebih terjangkau.

“Sewa mobil lepas kunci ya maksudnya menyewa mobil dengan disopiri sendiri, tanpa sopir dari pihak rental, ini malah lebih banyak diminati, karena harga sewanya kan jauh lebih murah,” ucap Setiawan Senin (12/12/2022).

Dia mengatakan selain soal biaya, privasi penyewa juga lebih terjamin ketika mengemudi mobil sendiri tanpa ada pihak luar.

Baca juga: Boleh Mudik Lokal, Ini Harga Sewa Mobil Low MPV di Solo

“Lebih nyaman juga, kan dengan tidak ada orang lain selama perjalanan menjadi lebih terjaga privasinya, penumpang juga bisa nambah dari pihak penyewa, itu gambarannya kalau sewa mobil lepas kunci,” ucap Setiawan.

Jadi, sewa mobil lepas kunci maksudnya adalah menyewa mobilnya saja, tidak termasuk sopir dan bahan bakar sehingga harganya relatif lebih terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com