Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Lengkap Pilihan Mobil Elektrifikasi Toyota di Indonesia

Kompas.com - 08/12/2022, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV di Indonesia, menjadi bukti keseriusan Toyota memasuki segmen elektrifikasi di Tanah Air dengan pilihan produk yang paling lengkap.

Seperti diketahui, untuk pasar Indonesia Toyota Astra Motor (TAM) sudah mulai melakukan penetrasi kendaraan ramah lingkungan dengan teknologi elektrifikasi sejak 2009 melalui Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Berlanjut pada 2010, melalui Lexus yang menjadi merek kendaraan premiumnya, Toyota menghadirkan Lexus LS Hybrid Electric Vehicle (HEV). Setelah itu, modelnya terus bertambah hingga akhir 2022 dengan kedatangan All New bZ4X yang jadi mobil listrik murni dan Innova Zenix Hybrid.

Secara jumlah, sampai saat ini Toyota dan Lexus sudah memasarkan sebanyak 15 produk dengan teknologi elektrifikasi yang lengkap. Dari HEV, PHEV, dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Baca juga: Toyota Bikin Sejarah Baru Lewat All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Mesin Toyota bZ4XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Mesin Toyota bZ4X

Vice President Director PT TAM Henry Tanoto mengatakan, sejak 2009 TAM sudah menjadi pioneer dalam menghadirkan kendaraan elektrifikasi dengan tujuan mewujudkan mobilitas ramah lingkungan. Dengan strategi multi-pathway, TAM kini menyediakan pilihan produk elektrifikasi paling lengkap.

"Secara total, TAM telah memiliki 15 line-up elektrifikasi yang telah kami pasarkan lebih dari 7.000 unit dan memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan emisi karbon lebih dari 7.500 ton," ucap Henry beberapa waktu lalu saat seremoni peluncuran All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV.

Tak sekadar menjadi evolusi guna mengikuti tren dunia saja, kehadiran All New Kijang Innova Zenix Hybrid juga menjadi bukti konsistensi Toyota pada produk yang sudah memiliki nama besar di Indonesia sebagai mobil keluarga.

Bicara soal pilihan kendaraan elektrifikasi Toyota, berikut daftar dan detail singkatnya :

All New Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Toyota meluncurkan Kijang Innova ramah lingkungan dalam tiga tipe yang bisa dipilih konsumen, yakni G, V, dan Q. Untuk varian tertinggi, konsumen bisa memilih versi Modellista dengan tampilan lebih sporty dan terlihat mewah.

Baca juga: Sama-sama Hybrid, Innova Zenix Tipe G Lebih Murah dari Wuling Almaz

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EVKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid EV

Banyak kejutan yang diberikan Toyota pada Innova Zenix Hybrid, mulai dari teknologi generasi kelima Toyota Hybrid System yang digunakan, platform TNGA: GA-C dan sistem penggerak roda yang pindah ke depan, transmisi CVT 10 percepatan, dan mesin bensin 2.000 cc barunya.

Dari segi harga, Innova Hybrid dipasarkan mulai dari Rp 458 juta hingga Rp 611 juta untuk varian tertinggi berlabel Modellista dan sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

All New Camry Hybrid

Teknologi ramah lingkungan juga diaplikasi Toyota pada sedan mewahnya, All New Camry Hybrid. Mobil ini juga datang mengusung platform TNGA dengan mesin A25A-FXS 2.487 cc yang mampu memproduksi tenaga 178 Ps pada 5.700 rpm dan torsi 220,65 Nm di putaran 3.600-5.200.

Toyota Camry HybridKompas.com/Donny Toyota Camry Hybrid

Soal keiritan bahan bakar dan tenaga, tak perlu lagi diragukan. Begitu juga untuk urusan kenyamanan pengendara sampai penumpang, dengan harga Rp 874,6 juta, All New Camry Hybrid bisa dianggap menjadi sebuah sedan yang menawarkan paket langkap.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com