Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bus Baru Bintang Utara Putra Siap Ramaikan Lintas Sumatera

Kompas.com - 17/11/2022, 16:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro kembali mengeluarkan dua bus baru, kali ini milik PO Bintang Utara Putra (BUP). Bus yang diambil bisa dibilang premium, memakai sasis tronton dan bodi Jetbus 3+ UHD.

Kalau bahas Jetbus 3+ UHD, bisa dibilang menjadi pelopor bus dengan model kabin pengemudi terpisah dengan penumpang. Jadi pengemudi ada di bawah bersama bagasi, sedangkan penumpang semuanya ada di atas.

Jika dilihat, bodi UHD ini seperti bus tingkat yang cuma bagian dek atas saja digunakan untuk mengangkut penumpang. Sedangkan di dek bawah, digunakan khusus sebagai bagasi yang sangat lega.

Baca juga: Update Harga Tiket Bus AKAP Jakarta-Wonogiri, Mulai Rp 200.000-an

Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara PutraDOK. ADIPUTRO Kabin Bus AKAP baru PO Bintang Utara Putra

Soal sasis, PO BUP memilih buatan Volvo, yakni B11R. Bisa dibilang sasis dari merek Swedia ini menghasilkan tenaga lebih dari 400 HP serta torsi sekitar 2.000 Nm.

Secara tampilan eksterior, bodi bus dikelir dengan warna khas PO BUP, hitam dan merah ditambah livery bintang. Kemudian di bagian depan, dipasang lampu tambaha untuk menambah penerangan selama perjalanan lewati Lintas Sumatera.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin diisi dengan bangku yang disusun 2-2 dengan leg rest.

Baca juga: Mengenal Fungsi Overdrive pada Mobil Matik


"Selain itu ada toilet yang dipasang di tengah, dekat pintu," ucap Yohan kepada Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Kemudian, pada pintu tengah ini pun dipasang sekat, yang tampak bisa jadi ruang untuk merokok selama perjalanan. Sekat ini juga bisa mengurangi bau dari toilet agar tidak mengganggu penumpang.

Tampak kelas yang akan dilayani dengan bus ini adalah Super VIP. Jadi unit baru ini berbeda dengan armadanya PO BUP yang dijadikan bus kelas Economy Luxury, bus dengan sasis tronton yang kabinnya tidak memakai AC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com