Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unit Terbatas, Mobil Bekas Toyota Mark X Dijual Rp 270 Juta

Kompas.com - 17/11/2022, 15:50 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor sempat memasarkan sedan menengah Mark X di Indonesia. Model yang diimpor secara utuh atau CBU dari Jepang ini mulanya disediakan untuk memenuhi permintaan perusahaan taksi di Indonesia.

Kabarnya pihak Blue Bird yang berencana untuk membeli Toyota Mark X. Namun, kesepakatan gagal terjadi lantaran karakter sedan menengah besutan Jepang itu tidak cocok dengan kebutuhan mereka.

Perusahaan berlambang burung biru itu lebih memilih Mercedes-Benz C-Class dan E-Class dibanding merek Toyota. Alhasil, pihak TAM menjual Mark X layaknya mobil lainnya.

Baca juga: Obat Ganteng Toyota Vios, Cukup Modal Rp 6 Jutaan

Mark X mengisi segmen di atas Camry karena memiliki kelengkapan fitur yang lebih mewah. Sedan mewah yang populasinya di Indonesia sangat terbatas ini cukup diburu oleh banyak konsumen karena mesin dan fitur yang berlimpah.

Bahkan tak jarang pehobi mobil bekas yang mencari unit tersebut untuk dimodifikasi. Sebab, mobil ini memiliki desain yang timeless dan masih didukung bengkel resmi jika terjadi kerusakan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 77 R (@77rshop)

Di pasar mobil bekas sendiri, harga bekas unit Mark X terbilang masih cukup tinggi. Seperti contoh Toyota Mark X lansiran tahun 2012 yang dipasarkan oleh akun instagram bernama @77rshop. Mobil bekas yang cukup langka ini dibanderol dengan harga Rp 270 juta.

“Unitnya memang sedikit, mungkin cuma ratusan. Mobil ini juga lebih ke luxury sport, bisa dibilang buat saingin BMW. Harganya bisa mahal lama-lama. Mesin juga udah V6, suara mesinnya juga enak,” ucap pria yang enggan disebut namanya, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/11/2022).

Dalam narasi unggahan tersebut tertulis bahwa Toyota Mark X itu memiliki kondisi yang sangat baik, bodi cukup mulus, mesin orisinal, dan tangan pertama atas nama PT. Sayangnya pajak mobil tersebut mati. 

Adapun pada bagian interior terlihat cukup rapi dan bersih, dengan nuansa serba hitam dan jok kulit bermotif polos kombinasi garis merah

Menyoal dapur pacu, Toyota Mark X ini mengandalkan mesin V6 2.500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 202 ps atau 199 tk. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 6 percepatan.

Sebagai informasi, Mark X adalah sedan menengah Toyota khusus untuk pasar Jepang yang diperkenalkan pertama kali pada 2004. Versi yang dijual sekarang adalah generasi kedua. Menyoal penggerak, Toyota menawarkan dua pilihan mesin dengan kapasitas 3.000 cc dan 2.500 cc. Sementara untuk Indonesia, dipilihkan mesin 4GR-FSE 2.500 cc V6, transmisi 6 percepatan otomatis.

Baca juga: Pindah Motor dari Yamaha ke Aprilia, RNF Racing Mulai dari Nol

Sebenarnya Mark X dirancang bangun dari platform Camry. Perbedaan Mark X adalah mobil gerak roda belakang, sedangkan Camry roda depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com