Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Sistem Pembayaran Terbuka dan Tertutup di Jalan Tol?

Kompas.com - 15/11/2022, 18:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Transaksi non tunai sudah diterapkan di jalan tol Indonesia sejak tahun 2017. 

Kendati sitem pembayaran Multi Lane Free Flow (MLFF) sudah dikenalkan, hingga saat ini untuk pembayaran jalan tol masih menggunakan uang elektronik (E-Money).

Metode transaksi non tunai di jalan tol bertujuan agar meminimalisir antrian pada gardu tol.  

Sejak diberlakukannya transaksi non tunai tersebut, sistem transaksi jalan tol di Indonesia terbagi menjadi dua yakni terbuka dan tertutup.

Baca juga: Apa Bedanya Tuas Transmisi Matik Zig-zag dan Lurus?

Dirangkum dari laman bpjt.pu.go.id, sistem transaksi terbuka yaitu pengendara hanya membayar tol pada saat masuk pertama kali melalui gardu tol.

Pembayaran tersebut juga termasuk membuka palang di gerbang tol. Ketika ingin keluar tinggal keluar saja dan sudah tidak perlu membayar ataupun menempelkan Kartu Uang Elektronik (UE).

Sementara untuk sistem transaksi tertutup yaitu ketika pengendara akan melakukan pembayaran saat berada di gardu gerbang tol tempat ingin keluar.

Jadi saat pengendara pertama masuk belum melakukan pembayaran, tap di gardu awal yang dilakukan hanya untuk membuka palang atau portal.

Kedua sistem di jalan tol ini masing-masing memiliki kelebihan tersendiri. Untuk sistem terbuka karena pembayaran dilakukan satu kali yaitu saat masuk, pengendara tidak harus berhenti lagi untuk melakukan pembayaran saat mau keluar.

Terkecuali jika bersambung ke tol lain dengan sistem tertutup, pengendara harus melakukan tapping pembayaran lagi di gerbang tol.

Gerbang Tol Bangkinang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Bangkinang. Hutama Karya Gerbang Tol Bangkinang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Pekanbaru-Bangkinang.

 Baca juga: Perkuat Layanan, Chery Siapkan Gudang Suku Cadang di Cikarang

Kemudian, pengendara diharuskan untuk selalu ingat dalam menggunakan satu uang elektronik yang sama saat melakukan tapping pertama dan terakhir.

Pastikan saldo uang elektronik (e-Toll) mencukupi agar tidak terjadi masalah di tengah-tengah perjalanan, yakni saat melakukan tapping pembayaran di gardu gerbang tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com