Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden UEA Gunakan Audi A8 Anti-Peluru, Intip Spesifikasinya

Kompas.com - 15/11/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemimpin dunia yang memilih untuk menggunakan kendaraan khusus selama KTT G20 di Bali. Salah satunya adalah Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.

Pemimpin negara yang dikenal dengan inisial MBZ ini tidak menggunakan Genesis G80, seperti yang sudah disediakan oleh Indonesia. Namun, MBZ justru terlihat menggunakan Audi A8 L.

Baca juga: Berikut Angkutan Barang yang Boleh Melintas Selama KTT G20 Berlangsung

Tentunya, mobil ini bukan sembarang sedan. Audi A8 L merupakan kendaraan anti-peluru, baik pada bagian kaca maupun bodinya.

Audi A8 L Anti-peluru yang digunakan oleh Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dalam KTT G20 di BaliDok. YouTube Sekretariat Presiden Audi A8 L Anti-peluru yang digunakan oleh Presiden UEA Syekh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan dalam KTT G20 di Bali

Tercatat bobot mobil ini mencapai 3.875 kg, berkat penambahan pelindung pada seluruh bagian mobil. Selain itu, disematkan juga beragam perangkat keras untuk meningkatkan perlindungan penggunanya.

Dikutip dari Motor1.com, Selasa (15/11/2022), mengubah A8 L biasa menjadi spesifikasi Security, membutuhkan waktu ekstra hingga 400 jam pengerjaan di satu fasilitas khusus.

Baca juga: 41 Unit Bus Listrik Digunakan Selama KTT G20, 30 Buatan Indonesia

Mobil ini diuji ketahanannya dari serangan, mulai penembak jitu, granat tangan, hingga serbuan peluru. Dengan ban run flat tire (RFT), mobil ini juga masih bisa melaju dalam jarak dan kecepatan tertentu, meskipun ban bocor.

Interior Audi A8 LDok. Motor1.com Interior Audi A8 L

Untuk dapur pacunya sendiri, Audi mengandalkan mesin twin-turbo V8 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 563 tk dan torsi 800 Nm.

Kemampuan akselerasinya juga luar biasa, yakni 6,3 detik untuk 0-100 Kilometer per jam. Sedangkan kecepatan maksimumnya, diklaim dapat tembus hingga 210 Kilometer per jam.

Untuk segmen mobil pengawalan, Audi A8 L ini bersaing langsung dengan Mercedes-Benz S-Class Guard.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com