Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap Diluncurkan Tahun Depan di Indonesia, DFSK Mini EV Akan Tantang Wuling Air EV

Kompas.com - 11/11/2022, 07:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile (DFSK) menyatakan bakal meluncurkan kendaraan listrik mungil penantang Wuling Air EV, DFSK Mini EV, untuk pasar Indonesia pada semester kedua tahun depan.

Bahkan, kendaraan tersebut rencananya bakal langsung dirakit di dalam negeri melalui pabrik perseroan yang bertempat di Kawasan Industri Modern Cikande, Serang, Banten dengan total area 20 hektar.

Demikian diungkapkan oleh Sales and Marketing Director PT Sokonindo Automobile, Rifin Tanuwijaya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi VII DPR RI dengan Direktur Jenderal ILMATE Kementerian Perindustrian, Rabu (9/11/2022).

Baca juga: Kesiapan Wuling Hadapi Era Kendaraan Listrik di Indonesia

Test Drive DFSK Mini EVKOMPAS.com/Adityo Test Drive DFSK Mini EV

"Berbeda dengan teman-teman senior kita, 3-5 tahun ke depan DFSK tidak akan launching ICE (internal combustion engine) lagi tapi 100 persen BEV (battery electric vehicle)," ucapnya.

"Salah satunya Mini EV, kita akan launching pada semester kedua tahun depan dan sudah dirakit di sini. Harganya mungkin bisa di bawah Rp 220 juta," lanjut Rifin.

Menurutnya, keputusan peluncuran tersebut tidak lepas dari upaya DFSK untuk mendukung program percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia yang sudah diinstruksikan pemerintah RI melalui Perpres 55/2019.

Namun dengan kondisi pasar atas penjualan kendaraan listrik saat ini, maka perseroan memutuskan untuk menghadirkan produk ramah lingkungan yang cukup terjangkau dahulu yaitu DFSK Mini EV.

Baca juga: Total Investasi Kendaraan Listrik di Indonesia Capai Rp 1,92 Triliun

Ketua Umum Periklindo Moeldoko ikut perkenalan mobil listrik terbaru DFSK Mini EV di PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.KOMPAS.com/Stanley R Ketua Umum Periklindo Moeldoko ikut perkenalan mobil listrik terbaru DFSK Mini EV di PEVS 2022, JIEXpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Kita tahu saat ini kendala menjual EV kenapa, yaitu mahal. Di samping itu juga customer curiga harga bekasnya berapa, ada yang mau beli atau tidak. Tetapi terlepas dari itu semua kita tertolong sekali dengan langkah pemerintah yang kerap melakukan seminar mengedukasi pasar," kata Rifin.

Apalagi, berbagai insentif terhadap kendaraan listrik pun cukup memudahkan masyarakat untuk bisa menggarasikan moda terkait.

"Terlihat sekarang penjualan kendaraan listrik sudah inden seperti Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air EV. Kita harap volumenya bisa konsisten dan naik terus," tambahnya.

Mini EV sebenarnya bukanlah barang baru di pasar dalam negeri. DFSK sudah menghadirkan kendaraan tersebut di berbagai kesempatan seperti pameran otomotif GIIAS 2022 maupun IEMS 2022.

Baca juga: Honda Sebut Mobil Listrik Satu-satunya Solusi untuk Netralitas Karbon

DFSK Mini EVKOMPAS.com/Ruly DFSK Mini EV

Berdasarkan data di negeri asalnya, DFSK Mini EV memiliki dimensi compact dengan panjang 2.995 mm, lebar 1.495 mm, dan tinggi 1.640 mm. Sementara, pada sektor kaki-kaki, mobil menggunakan ukuran pelek 12 inci dibalut ban khusus EV 145/70.

Tapi perseroan belum memastikan apakah spesifikasi yang sama akan dihadirkan di pasar dalam negeri atau berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com