Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kencan Singkat dengan Jaguar I-Pace, Sensasi Nyetir SUV Listrik

Kompas.com - 26/10/2022, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik Jaguar I-Pace resmi diluncurkan ke pasar Indonesia melalui PT JLM Auto Indonesia. Seremoni ini dilakukan di Edutown BSD, pada Selasa (25/10/2022).

Sport utility vehicle (SUV) premium ini sekaligus menjadi kendaraan listrik pertama yang dihadirkan oleh produsen asal Inggris di Tanah Air.

Bersamaan dengan peluncurannya, PT JLM Auto Indonesia juga mengadakan media test drive. Meski sangat-sangat terbatas, baik dari waktu dan tempat, tapi paling tidak bisa mengobati rasa penasaraan bagaimana sensasi mengendarai Jaguar I-Pace ini.

Baca juga: Jaguar I-Pace Punya Daya Jelajah 470 Km

Sebagai informasi, Jaguar I-PACE dibekali teknologi baterai 90 kWh, mobil ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 400 Ps atau 394 Tk yang mampu menghasilkan torsi 694 Nm.

Kapasitas baterai tersebut diklaim membuat I-PACE bisa menempuh jarak hingga 470 Km berdasarkan WLTP.

Ketika mendapat kesempatan mengendarai Jaguar I-Pace yang dibanderol Rp 2,907 miliar off the road ini, menjadi momen yang cukup berkesan.

Mengemudi Jaguar I-PaceKompas.com/sendy Mengemudi Jaguar I-Pace

Mengingat Jaguar I-Pace adalah kendaraan full listrik (Battery electric vehicle/BEV), sensasi yang ditawarkan ketika berada di kabin tentu berbeda dengan SUV premium lainnya. Di mana suasana terasa senyap meski mesin telah dihidupkan.

Tim redaksi diberikan kesempatan untuk melakukan 2 kali putaran (di trek). Sebelum berakselerasi, putaran pertama digunakan untuk sekadar beradaptasi serta menghafal arah lintasan. Selanjutnya, redaksi diberi kesempatan untuk menekan pedal gas lebih dalam.

Hanya saja, demi keselamatan hal tersebut tidak bisa dilakukan secara maksimal, karena kondisi cuaca yang hujan deras dan trek yang disediakan basah hingga tergenang air.

Begitu kick down, sensasi torsi instan langsung terasa, padahal mode berkendara yang digunakan adalah normal. Ketika melahap tikungan dengan gerakan agresif, tak ada gejala under steer atau over steer.

Baca juga: Generasi Baru Fuso Canter Meluncur, Sudah Euro 6

Kaki-kaki terasa rigid mencengkram aspal sehingga membuat gerakan terasa stabil, demikian juga dengan handling-nya yang cukup baik.

Secara keseluruhan, meski masih penasaran dengan tenaga dan torsi di putaran atas, dan jujur kata kurang puas hanya menjajal dalam hitungan menit dan di trek yang begitu terbatas, tapi kencan singkat dengan Jaguar I-Pace memberikan pengalamanan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com