Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Mobil Hybrid di Indonesia, Dijual Mulai Rp 270 Jutaan

Kompas.com - 22/10/2022, 13:42 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil hybrid bisa menjadi salah satu alternatif buat pengguna kendaraan yang ingin beralih ke kendaraan listrik. Berbeda dengan mobil listrik, mobil hybrid tidak perlu diisi daya menggunakan power outlet.

Pada mobil hybrid, sumber tenaganya masih ditopang oleh bensin, layaknya kendaraan konvensional. Yang membedakan adalah kerjanya yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai.

Dengan adanya kombinasi tersebut, penggunaan bahan bakar diklaim menjadi lebih efisien karena sudah terbantu motor listrik. Sehingga, konsumsi bensinnya tidak akan sebanyak mobil bensin atau mobil konvensional pada umumnya.

Baca juga: Daftar Mobil Hybrid Bekas, Mulai Rp 190 Jutaan

Namun, ada juga mobil hybrid yang bisa diisi dayanya menggunakan listrik, yaitu plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Untuk PHEV, saat ini pilihannya masih terbatas dan harganya terbilang lebih tinggi ketimbang hybrid.

Salah satu mobil PHEV yang dijual di Indonesia saat ini adalah Mitsubishi Outlander PHEV. Mobil hybrid ini dibanderol di kisaran Rp 1 milyar.

Sedangkan pilihan mobil hybrid lebih beragam dan harganya juga bervariasi. Bagi yang ingin mencoba mild hybrid dengan harga yang lebih rendah, bisa mempertimbangkan untuk membeli Suzuki All New Ertiga Hybrid.

Nissan Kicks e-Power, meluncur di IndonesiaKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Nissan Kicks e-Power, meluncur di Indonesia

Sebelumnya, Ertiga diperkenalkan dengan mesin konvensional. Kemudian pada 10 Juni 2022, Suzuki meluncurkan varian hybrid dengan harga yang terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan mobil hybrid lainnya, yaitu Rp 270 jutaan sampai dengan Rp 290 jutaan tergantung dari tipenya.

Mengisi segmen compact SUV (sport utility vehicle), ada Nissan Kicks e-Power yang resmi diluncurkan di Indonesia pada 2 September 2020 yang lalu. Mobil ini diklaim dapat menyajikan impresi berkendara layaknya mobil listrik murni, dengan harga di kisaran Rp 430 jutaan.

Baca juga: Cerita Pemilik Hyundai Creta Kerap Mengadat, Tidak Mau Distarter

Toyota memiliki line up mobil hybrid yang terbilang banyak. Mengisi segmen SUV, ada Toyota Corolla Cross Hybrid yang mengusung platform TNGA-C, sama dengan Toyota Corolla Altis dan C-HR. Harganya ada di kisaran Rp 530 jutaan.

Kemudian, ada Toyota C-HR Hybrid yang meluncur pada 22 April 2019 yang lalu. Mobil ini mengusung teknologi paralel hybrid, sehingga mesin bakar internal dan motor listrik bekerja secara bersamaan. Harganya adalah Rp 580 jutaan.

Suzuki Ertiga HybridKOMPAS.com - Dio Suzuki Ertiga Hybrid

Jika tertarik dengan model sedan, bisa coba untuk melihat Toyota All New Corolla Altis Hybrid. Sama seperti Suzuki Ertiga, mobil ini sebelumnya sudah diperkenalkan dalam opsi varian konvensional atau mesin bensin. Varian hybridnya meluncur pada Februari 2022 yang lalu. Harganya ada di kisaran Rp 545 jutaan.

Model sedan selanjutnya diisi oleh Toyota All New Camry Hybrid. Meluncur pada tahun 2021 yang lalu, mobil ini dibanderol lebih mahal dibandingkan dengan model hybrid Toyota lainnya. Harganya saat ini ada di angka Rp 840 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com