Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impresi Awal Honda U-GO, Calon Motor Listrik Murah di Indonesia

Kompas.com - 22/10/2022, 13:22 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Honda Motor Co, makin serius menyasar segmen sepeda motor listrik. Prinsipal Honda mengatakan akan menghadirkan setidaknya 10 model motor listrik sampai 2025.

Motor-motor tersebut bakal hadir dalam berbagai model. Targetnya tidak main-main, secara global Honda menetapkan penjualan 1 juta unit motor listrik dan mencapai 3,5 juta unit pada 2030.

U-GO menjadi salah satu skuter listrik Honda yang sudah hadir sejak tahun lalu. Motor ini diluncurkan Wuyang Honda, selaku Agen Pemegang Merek (APM) Honda di China.

Baca juga: Cerita Pemilik Hyundai Creta Kerap Mengadat, Tidak Mau Distarter

Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda U-GO

Untuk Indonesia, motor ini memang belum meluncur. Namun digadang-gadang sudah disiapkan PT Astra Honda Motor (AHM).

Sebelum produk ini benar-benar hadir di Tanah Air, importir umum Probike Motor sudah lebih dulu mendatangkan Honda U-GO.

Dari segi visual, motor listrik ini sama persis dengan model yang meluncur di China. Meski begitu, harganya memang lebih mahal karena didatangkan secara utuh (CBU).

Baca juga: Instruksi Kapolri Tidak Ada Lagi Tilang Pengendara Secara Manual

Hendrik David, Director Probike Motor, mengatakan, konsumen yang memesan Honda U-GO saat ini akan mendapatkan unitnya pada akhir tahun atau Januari 2023.

“Harganya Rp 39 jutaan, saat ini kita baru masukin sampel dulu. Unitnya dari Honda di China. Ada ada 2-3 warna,” ujar Hendrik di Jakarta (20/10/2022).

Melihat tampilan Honda U-GO, skutik ini tak ubahnya motor listrik masa kini yang memiliki dimensi mungil dengan desain futuristis dan minim lekukan.

Baca juga: Perbandingan Biaya Kepemilikan Xenia dan Veloz hingga 5 Tahun

Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Honda U-GO

Bagian depan dan belakang sudah mengusung lampu LED. Sementara lampu sein berada di area batok. Sekilas mirip dengan Honda Beat yang masih mengusung teknologi karburator.

Pada area setang, motor ini minim fitur. Terdapat beberapa tombol fungsi, seperti lampu sein, klakson, lampu jauh-dekat, dan masih terdapat saklar lampu.

Kemudian, di bagian tengah setang terdapat ada layar LCD negatif display yang menghadirkan informasi jarak tempuh, kecepatan, dan status baterai.

Baca juga: SUV Kompak Mitsubishi Pesaing HR-V dan Creta Bakal Dirakit di Indonesia?

Baterai motor listrik Honda U-GOKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Honda U-GO

Berdasarkan spesifikasi Wuyang Honda, produk ini memiliki dimensi panjang 1.790 mm, lebar 680 mm, tinggi 1.080 mm, dan panjang sumbu roda 1.300 mm.

Sektor kaki-kaki menggunakan ban berukuran 90/90-12 di depan dan 100/90-10 di belakang. Suspensi depannya teleskopik dan belakang model ganda dengan pengaturan preload.

Redaksi Kompas.com yang punya tinggi badan 162 cm sama sekali tidak kesulitan saat duduk di atas jok Honda U-GO dengan ground clearance 130 mm.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Mika Lampu Mobil yang Sudah Kusam

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com