Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap MotoGP Minta Sirkuit Phillip Island Steril dari Hewan Liar

Kompas.com - 15/10/2022, 16:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat sesi latihan bebas FP1 MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Aleix Espargaro hampir menabrak seekor walabi.

Lantaran kejadian tersebut, para pebalap MotoGP memminta agar keamanan sirkuit ditingkatkan.

Dikutip dari Motorsport.com, Sabtu (15/10/2022), para pebalap menggelar rapat dengan Safety Commission pada Jumat, terkait adanya hewan liar yang memasuki area trek.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Australia 2022, Martin Pole Position

Aleix masih beruntung tidak menabrak hewan liar tersebut. Nasib yang berbeda dialami oleh Jorge Lorenzo dan Andrea Iannone. Keduanya menabrak burung camar dan tentunya mengganggu performa motor.

Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Aprilia Aleix Espargaro saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

Alex Rins mengatakan, ketinggian pagar sirkuit perlu dievaluasi lagi untuk meningkatkan perlindungan bagi pebalap.

"Kami sudah bicara kemarin dengan Safety Commission bahwa mereka perlu meningkatkan pagar. Sebab, jika kami menabrak walabi, itu bisa sangat berbahaya bagi hewan itu dan kami sendiri," ujar Rins.

Baca juga: Daftar Pebalap MotoGP 2023, Semua Kursi Terisi Penuh

Rins mengatakan, pagar yang membatasi sirkuit terlihat dari trek lurus. Menurutnya, pagar tersebut tidak terlalu tinggi.

Pebalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, memasuki paddock dengan burung tersangkut pada motornya saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia, yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (19/10/2013).MOTOGP.COM Pebalap Yamaha Factory Racing, Jorge Lorenzo, memasuki paddock dengan burung tersangkut pada motornya saat menjalani sesi kualifikasi GP Australia, yang berlangsung di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (19/10/2013).

Aleix menambahkan, pada awal rapat, semuanya tertawa. Tapi, semua juga tahu bahwa sangat penting untuk memperhatikan hal ini karena menyangkut keamanan.

"Bagi saya, ini tidak bisa diterima. Ini sangat berbahaya. Kita lihat saja apakah mereka bisa meningkatkannya. Kami minta mereka menutup sirkuit dengan lebih baik," kata Aleix.

Aleix mengatakan, untuk burung-burung, tidak ada yang bisa dilakukan. Menabrak burung bisa saja terjadi. Tapi, jangan sampai terjadi pada walabi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com