Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Siapkan Dua Platform Baru Mobil Listrik

Kompas.com - 14/10/2022, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, Hyundai mengandalkan Electric Global Modular Platform (E-GMP) untuk Ioniq 5. Belum lama ini, Hyundai mengumumkan akan membuat dua platform baru untuk mobil listrik di masa depan.

Hyundai Motor Group (HMG) berencana untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk semua proses produksi massal secara signifikan. Termasuk dengan perencanaan, desain, dan manufaktur, dengan mengembangkan platform bersama, yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak, untuk seluruh kendaraan.

Baca juga: Pembaruan Perangkat Lunak Mobil Hyundai, Tidak Perlu Lagi ke Bengkel

Dengan begitu, akan memungkinkan komponen kendaraan dibagi ke berbagai segmen kendaraan, yang kemudian akan menghasilkan proses pengembangan kendaraan yang lebih efisien serta pengurangan biaya yang lebih besar.

Hyundai Motor Group akan membuat dua platform baru kendaraan listrikDok. HMG Hyundai Motor Group akan membuat dua platform baru kendaraan listrik

Paul Choo, Executive Vice President of Head of Electronics & Infotainment Development Center HMG, mengatakan, Hyundai akan memperkenalkan kendaraan pada tahun 2025 berdasarkan dua platform Electric Vehicle (EV) baru, yakni eM dan eS. Platform baru dari EV ini akan dibuat di bawah sistem Integrated Modular Architecture (IMA) dari HMG.

"Platform eM sedang dikembangkan secara khusus untuk EV di semua segmen dan akan meningkatkan 50 persen jarak mengemudi dalam sekali pengisian daya dibandingkan dengan EV saat ini," ujar Paul, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Hyundai Akan Sematkan Perangkat Lunak Canggih di Semua Model

Paul menambahkan, platform eM juga sedang dikembangkan untuk mendukung teknologi mengemudi otonom Level 3 atau yang lebih tinggi dan fitur pembaruan perangkat lunak OTA.

Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Electric Global Modular Platform yang digunakan Hyundai Ioniq 5

Sedangkan platform eS HMG, akan dikembangkan sebagai 'skateboard' EV khusus untuk Purpose Built Vehicles (PBVs). Platform ini dapat digunakan untuk membuat kendaraan niaga yang beroperasi dalam pengiriman, logistik, dan sektor car hailing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com