Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Demo Buruh, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Istana Negara

Kompas.com - 12/10/2022, 12:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Puluhan ribu buruh akan melakukan aksi demonstrasi di depan Istana Negara Jakarta pada Rabu (12/10/2022).

Aksi demo tersebut merupakan buntut dari penolakan buruh terhadap kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang turut berimbas pada penurunan daya beli masyarakat karena harga kebutuhan pokok yang melambung.

Selain itu, para buruh juga membawa tuntutan lain dalam aksi besar-besaran ini, seperti menolak UU Cipta Kerja, menolak ancaman PHK di tengah resesi global, reforma agraria, pengesahan Undang-undang Perlindungan PRT, dan tuntutan kenaikan upah tahun depan.

Baca juga: Segera Diberlakukan, Ini Skema Transaksi Tol Nirsentuh

Terkait aksi tersebut, polisi bakal melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Hal ini diumumkan melalui akun Instagram resmi @TMCPoldametro, pada Rabu (12/10/2022).

Pihaknya juga mengimbau bagi para pengguna jalan untuk menghindari kawasan sekitaran Monas dan Istana Negara karena adanya aksi demo buruh.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

“Diimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan sekitaran Monas dan Istana Negara dikarenakan adanya kegiatan aksi penyampaian pendapat oleh elemen masyarakat,” tulis keterangan akun tersebut.

Adapun untuk pengalihan arus lalu lintas ini akan dilaksanakan pada Rabu (12/10/2022) mulai pukul 11.00 WIB sampai selesai. Berikut alih arus seputaran Istana Negara:

  • Arus lalu lintas dari arah Bundaran HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Budi Kemuliaan atau Jalan Merdeka Selatan
  • Arus lalu lintas dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira (situasional)
  • Arus lalu lintas dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto
  • Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com