Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Bilang Pemindahan Pabrik Xenia Tidak Ganggu Produksi

Kompas.com - 12/10/2022, 08:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akan memindahkan pabrik, khususnya untuk lini produksi 1 Sunter, Jakarta Utara. Pemindahan ini dipastikan tidak mengganggu proses produksi mobil.

Sri Agung Handayani, Direktur Marketing dan Direktur Corporate Planning & Communication ADM, mengatakan, lini produksi 1 pabrik Daihatsu di Sunter adalah untuk produksi model Xenia dan Terios.

Baca juga: Kapan Daihatsu Segarkan Tampilan Terios Lagi?

Menurut keterangan resmi ADM, lini produksi 1 akan dipindahkan ke lini produksi 2 di pabrik perakitan Karawang. Pabrik baru tersebut sudah mengusung konsep SSC (Simple, Slim, Compact).

Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.ADM Pabrik Daihatsu siap lakukan 2 shift produksi pada Agustus 2020.

"Proses produksi juga tidak trganggu, karena baru akan pindah akhir 2024 atau awal 2025," ujar Sri Agung, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Pabrik terbaru Daihatsu di Karawang ini akan dibuat lebih modern dan ramah lingkungan. ADM akan memasang 3.600 panel surya yang dapat menghasilkan daya listrik hingga 2.100 kW.

Baca juga: Kelanjutan Ayla EV dan Rocky Hybrid, Daihatsu Masih Pelajari Pasar

Dengan ribuan panel surya tersebut, Daihatsu mengklaim dapat mengurangi kadar emisi sekitar 20 persen dibandingkan dengan kondisi sekarang.

Lini produksi 2 pabrik Karawang dibangun di area seluas 224.529 m2. Pembangunannya menelan investasi senilai Rp 2,9 triliun. Kapasitas produksinya dapat mencapai 140.000 unit per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com