Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Perpindahan Tuas Transmisi Mobil Manual Berisik

Kompas.com - 28/09/2022, 13:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi manual pada mobil masih menjadi pilihan beberapa orang dalam membeli mobil. Selain tenaganya yang lebih terasa, katanya komponennya lebih bandel, hal itu yang membuat transmisi manual banyak dipilih masyarakat.

Namun, dalam pengoperasiannya, mobil dengan transmisi manual lebih ribet karena membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, pengendara juga bakal sering memainkan pedal kopling terutama di jalanan yang padat.

Selain itu, saat perpindahan percepatan dengan memainkan tuas transmisi terkadang suaranya kasar. Kejadian tersebut hanya sesekali saja biasanya, setelah itu suara halus kembali. Lantas, kejadian tersebut apakah normal atau tidak?

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Transmisi Manual Jadi Berat

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan perpindahan tuas transmisi manual tidak selamanya lancar, kadang bisa agak tersangkut karena mekanisme di dalamnya memang terdiri dari roda-roda gigi yang saling bertaut.

“Suara keras saat perpindahan tuas transmisi manual biasanya terjadi kadang-kadang saja, itu termasuk normal, karena ketika tuas digerakkan itu sama saja pengendara menggeser roda gigi, kalau pas persinggungannya kurang pas ya pasti seperti nyangkut dan biasanya bisa dengan agak dipaksa, maka dari itu timbul bunyi keras,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Dia mengatakan suara keras tersebut biasanya akan lebih sering terdengar ketika mobil sedang berhenti, karena posisi tersebut memungkinkan roda gigi sedang berhenti.

Baca juga: Mana yang Lebih Irit BBM, Mobil dengan Transmisi Manual atau Matik?

Pergantian kampas kopling, transmisi girboks turun keseluruhan Dicky Aditya Wijaya Pergantian kampas kopling, transmisi girboks turun keseluruhan

“Ketika mobil berhenti, biasanya akan lebih sering terdengar suara kerasnya saat perpindahan gigi, itu karena kondisi roda gigi di dalam transmisi sedang tidak berputar, jadi peluang persinggungannya tidak pas akan semakin besar,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan ketika mobil melaju, perpindahan roda gigi akan terasa lebih halus karena dibantu dengan komponen yang bernama sinkromes.

“Sinkromes merupakan kopling sederhana yang bertugas menyelaraskan putaran roda gigi yang hendak terhubung, sehingga perpindahannya lebih lembut dan mudah” ucap Ibrohim.

Baca juga: Kenapa Kebanyakan Kendaraan Niaga Menggunakan Transmisi Manual?

Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Sihondanews.com Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Si

Jadi, penyebab suara keras saat memindahkan tuas transmisi manual adalah hal yang wajar terutama saat kendaraan berhenti. Itu merupakan peluang yang bisa terjadi ketika pertautan antar roda gigi yang akan bersatu tidak pas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com