Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Harrier Terbaru Meluncur, Ada Varian PHEV

Kompas.com - 28/09/2022, 13:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota baru saja meluncurkan SUV terbaru yakni Harrier generasi keempat di Jepang.

Sport Utility Vehicle (SUV) asal pabrikan Jepang ini dibekali dengan beberapa pembaruan, mulai dari eksterior, interior hingga sektor dapur pacu.

Salah satu yang paling menonjol, Toyota Harrier anyar kini dibekali dengan varian mesin Plug-in Hybrid (PHEV).

Dikutip dari Paultan.org, Rabu (28/9/2022), mobil ramah lingkungan dari Toyota itu menggunakan powertrain yang mirip dengan mesin di RAV4 Prime.

Menyoal jantung pacu, mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 2.500 cc 4-silinder naturally-aspirated yang mampu menghasilkan tenaga 174 Hp pada 6.000 rpm dan torsi 219 Nm pada 3.600 rpm.

Baca juga: Chopper Glamor Sinaga, Berbalut Emas 24 Karat

Mesin tersebut bekerja sama dengan motor listrik berkode 5NM yang mampu menghasilkan tenaga 179 dk dan torsi 270 Nm.

Toyota Harrierdoc Paultan.org Toyota Harrier

Menariknya, Harrier PHEV hadir dengan penggerak semua roda E-Four. Sehingga motor listrik atau dinamo di roda belakang berkode 4NM turut menyumbang tenaga sebesar 54 Tk dan torsi 121 Nm.

Bicara soal baterai, Harrier PHEV menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 18,1 kWh yang dapat memberikan jarak tempuh full listrik sejauh 93 kilometer.

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai dengan arus AC 200 volt atau 16 ampere, dari kondisi kosong sampai penuh (1000 persen) membutuhkan waktu 30 menit.

Secara desain, Harrier PHEV memiliki tampilan khas SUV dengan penyematan gril depan khusus yang menampilkan pola berlian.

Tampilannya terlihat agresif berkat lampu depan yang dibuat menyipit. Sementara di bagian tengah, terdapat emblem Toyota berwarna biru yang menunjukan bahwa mobil ini merupakan varian Hybrid.

Toyota Harrier doc Paultan.org Toyota Harrier

Toyota juga turut menambahkan sistem infotainment layar sentuh baru dan kluster instrumen digital, keduanya berukuran 12,3 inci.

Baca juga: Jangan Salah Tuang Oli Transmisi Mobil Matik, Bisa Fatal Akibatnya!

Pada fitur keselamatan, Toyota juga melakukan pembaruan dengan menambahkan fitur integratif Toyota Safety Sense yang bisa mendeteksi pejalan kaki yang sedang menyebrang saat mobil berbelok.

Menyoal harga, Toyota Harrier PHEV terbaru dibanderol 6,2 juta yen atau sekitar Rp 650 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com