Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota bZ Sedan Segera Hadir, Menyusul bZ4X

Kompas.com - 23/09/2022, 13:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota rencananya akan merilis produk lanjutan dari bZ series yakni bZ Sedan di China dan Eropa tahun 2024. bZ Sedan akan menjadi mobil listrik Toyota kedua yang rilis setelah bZ4X.

Pasar pertama yang dituju bZ Sedan adalah China mengingat di sana segmen sedan masih diminati. Berbeda dengan kebanyakan negara yang saat ini lagi demam dengan mobil bergaya SUV.

Dikutip dari Autocar, prosepek bZ Sedan di Eropa nampak meyakinkan walaupun baru dirilis 2024. Selain itu, sedan listrik Toyota ini akan jadi saingan langsung dengan Tesla Model 3.

Baca juga: Menolak Tua, Toyota Veloz Dimodifikasi Bergaya Elegan

Toyota bz3carnewschina.com Toyota bz3

Secara spesifikasi, bZ Sedan menggunakan platform khas dari Toyota yakni E-TNGA. Untuk urusan produksi bZ Sedan, Toyota juga bekerja sama dengan BYD dan tentu menggunakan teknologinya soal baterai.

BYD punya inovasi baru pada jenis baterai yang dinamai teknologi Blade lithium iron phosphate. Teknologi ini diklaim lebih aman, dimensinya kompak, sehingga bisa menambah kelegaan kabin.

Secara dimensi, bZ Sedan punya panjang 4.725 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.475 mm. Kalau dibandingkan, bZ Sedan bisa jadi suksesor Toyota Corolla yang bebas emisi.

Baca juga: Harga Mitsubishi Pajero Sport September 2022 dan Skema Cicilan


Berdasarkan spesifikasi yang tersebar di Kementerian Industri dan Teknologi China, bZ Sedan akan punya tenaga 175,5 TK atau 234,7 TK, berat 1.710 Kg sampai 1.840 Kg dan kecepatan puncak 160 kpj.

Untuk jarak tempuhnya memang belum diketahui. Namun jika dibandingkan dengan BYD Atto 3 yang sepsifikasinya hampir mirip, bZ Sedan bisa menempuh 420 Km dengan kapasitas baterai 64,5 kWh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com