Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Kecelakaan Tol Pejagan, BUJT Diminta Pasang CCTV

Kompas.com - 20/09/2022, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi beruntun yang melibatkan puluhan kendaraan terjadi di Tol Pejagan-Pemalang, tepatnya di KM 253, Minggu (18/9/2022).

Kecelakaan pada jalur A arah Semarang itu diketahui terjadi lantaran adanya aktivitas pembakaran lahan oleh warga sehingga menyebabkan minimnya visibilitas dan membuat jarak pandang pengemudi terganggu, hingga terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan delapan kendaraan.

Akibat kecelakaan ini, diketahui satu orang tewas dan puluhan korban lainnya luka-luka.

Baca juga: Kecelakaan di Tol Pejagan Akibat Asap, Siapa yang Bertanggung Jawab?

Imbas dari kejadian ini, Dirjen Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, guna menghindari kecelakaan akibat asap pembakaran tersebut berulang, ia meminta pihak Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memasang CCTV untuk memantau lokasi yang tidak terlihat oleh petugas patroli.

"Kami meminta para BUJT untuk memasang CCTV pada titik-titik rawan ruas tol untuk menangkap peristiwa yang tidak tertangkap petugas patroli. Misalnya lokasi di mana sering terjadi pembakaran lahan akan dipasang CCTV," ucap Hedy, dikutip dari Bina Marga, Senin (19/9/2022).

Selain itu, Kementerian PUPR juga meminta seluruh operator jalan tol untuk meningkatkan patroli rutin untuk menemukan adanya potensi gangguan terhadap pengoperasian jalan tol dan lalu lintas di sepanjang koridor ruas tol sesuai dengan Standar Operasi dan Prosedur (SOP) yang berlaku.

 

Ilustrasi jalan tol. Ini rincian tarif tol Surabaya-Malang terbaru 2022.Jasa Marga Group Ilustrasi jalan tol. Ini rincian tarif tol Surabaya-Malang terbaru 2022.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menambahkan, kecelakaan lalu lintas juga sering disebabkan oleh kecepatan tinggi melebihi batas dari para pengguna tol.

Untuk itu, Danang mengatakan Kementerian PUPR juga meminta para BUJT untuk memperbanyak pemasangan kamera CCTV dengan kerapatan yang memadai.

Baca juga: Begini Ubahan Mesin dan Suspensi pada Honda New CBR250RR

"Saat ini sedang dalam proses pemasangan kamera-kamera monitoring kecepatan di seluruh ruas tol, termasuk pemasangan kamera CCTV. Kita meminta BUJT untuk memasang speed camera untuk memonitor kecepatan," ujar Danang.

Selain itu, Danang mengatakan BUJT juga diminta untuk memperbanyak pengawasan dan meningkatkan kecepatan reaksi terhadap kondisi-kondisi khusus, semisal dampak asap pembakaran sawah atau ladang seperti yang terjadi di ruas Tol Pejagan-Pemalang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com