Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Engine Mounting pada Mobil Minta Ganti

Kompas.com - 19/09/2022, 11:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Engine mounting atau dudukan mesin merupakan komponen yang bertugas menopang mesin. Sehingga, komponen ini terbuat dari bahan karet yang dapat meredam getaran.

Jika komponen ini sudah jelek atau rusak, maka getaran mesin tidak mampu diredam dengan baik sehingga getaran mesin sangat terasa dari dalam kabin.

Nah, berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa engine mounting sudah minta ganti berdasarkan pemeriksaan visual dan gejala yang timbul.

Baca juga: Ketahui Bahaya Engine Mounting yang Aus Tidak Segera Diganti

Engine monting rusakKompas.com/Erwin Setiawan Engine monting rusak

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan ada beberapa tanda engine mounting minta ganti baik dari yang dirasakan pengendara atau penumpang atau dari pemeriksaan secara visual.

“Engine mounting minta ganti bila roda kemudi terasa bergetar ketika mesin berputar stasioner, tidak ada hubungan secara langsung memang, sehingga kalau sampai roda kemudi bergetar, itu tandanya getaran mesin sudah tidak teredam dengan baik,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022).

Dia mengatakan ketika mesin berputar, itu secara pasti akan menimbulkan getaran. Bila tidak ada kerusakan pada engine mounting, maka getaran mesin tersebut dapat teredam sehingga tidak akan terasa di roda kemudi yang tidak berhubungan secara langsung dengan mesin.

Baca juga: Ingat Lagi Kapan Waktu Tepat Jajan Engine Mounting Mobil

Engine mountingDok. Suzuki.co.id Engine mounting

“Selain itu, bisa juga ditandai dengan hentakan ketika awal starter, mesin menjelang mati, atau ketika perpindahan tuas transmisi dari netral ke D atau R, saat itu mesin akan mengalami hentakan yang seharusnya teredam dengan baik bila engine mounting masih bagus,” ucap Yanto.

Dia mengatakan karena engine mounting sudah rusak, maka getaran pada saat mesin mengalami guncangan dari kinerja mesin itu sendiri akan terasa sampai dalam kabin.

“Bisa juga memeriksa dari kondisi fisiknya, biasanya terlihat ada retakan di bagian karetnya, bisa juga karet sudah turun, sehingga tidak mampu meredam dengan baik,” ucap Yanto.

Baca juga: Ini Efek Tidak Ganti Engine Mounting yang Aus

Engine mountingDok. Gridoto Engine mounting

Jadi, bila muncul tanda-tanda getaran sampai terasa di dalam kabin, hentakan terasa di dalam kabin atau adanya retakan di komponen tersebut itu bisa menjadi tanda bahwa engine mounting sudah minta ganti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com