Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kendaraan Listrik yang Digunakan Kepolisian Selama KTT G20 Bali

Kompas.com - 16/09/2022, 14:12 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik akan menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali yang akan digelar pada November mendatang.

Setidaknya akan ada beberapa mobil listrik yang siap melayani tamu negara, mulai dari Genesis G80, Hyundai Ioniq 5 hingga Lexus UX300e.

Tak hanya para tamu undangan, petugas Kepolisian yang mengamankan jalannya acara tersebut juga akan menggunakan mobil bertenaga listrik. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Dianggap Jadi Momen Beralih ke Kendaraan Listrik

“Untuk G20 kita sudah teralokasikan kendaraan baik roda dua maupun roda empat untuk kawal kepala negara di Bali. Itu sudah menggunakan listrik semua,” ucap Firman saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Adapun untuk kendaraan yang digunakan pihak kepolisian adalah Hyundai Ioniq 4 dan dua jenis sepeda motor. Sayangnya, untuk sepeda motor, Firman belum mengungkapkan secara rinci jenis dan tipenya.

Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLUKOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Kendaraan listrik Hyundai Ioniq tengah melakukan pengisian daya di SPKLU

“Untuk kendaraan (roda empat) kalau tidak salah Hyundai Ioniq yang ada ekornya sedikit. Kalau untuk roda duanya ada dua jenis yang masuk ke kita,” kata Firman.

Firman melanjutkan, setelah selesai acara KTT G20, kendaraan listrik tersebut akan didistribusikan ke polda-polda yang memiliki super prioritas untuk pariwisata.

Baca juga: Marquez Sebut Peluang Untuk Podium di MotoGP Aragon Tipis

Hyundai Ioniq sendiri merupakan kendaraan bermotor dengan tenaga listrik murni yang berstatus impor secara utuh alias completely built up (CBU) dari Korea Selatan.

Mobil ini dilengkapi motor listrik berdaya 100 kW atau setara 136 dk dan torsi 295 Nm.

Hyundai Ioniq EV juga digunakan sebagai taksi daring oleh Grab. Tak hanya itu, para pejabat juga turut menggunakan Hyundai Ioniq EV sebagai kendaraan dinasnya, seperti Menteri Perhubungan sampai Wakil Gubernur Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com