Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Mobil Zaman Sekarang Semakin Mirip

Kompas.com - 09/09/2022, 09:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren desain di dunia otomotif terus berkembang. Belakangan ini, terlihat tren tersebut juga diaplikaskan pada beberapa mobil, bahkan dengan merek berbeda.

Jika diperhatikan, tren desain pada sejumlah mobil terlihat banyak kemiripan. Contohnya, desain lampu depan yang menyipit, lampu belakang yang menyatu, hingga tata letak dasbor dengan head unit floating di bagian tengah

Baca juga: Pakai Platform Sama, Ini Perbedaan Desain Hyundai Ioniq 5 dan Kia EV6.

Biasanya, dalam mengembangkan mobil, setiap pabrikan akan melakukan survey pada konsumennya untuk mengetahui mobil seperti apa yang diinginkan pasar.

Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripanKompas.com/Donny Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripan

Mark Yosua Widjaja, Industrial Design Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengatakan, kemiripan pada beberapa mobil terjadi bukan karena hasil surveynya. Menurutnya, semua produk itu memiliki inspirasi yang kurang lebih sama.

"Kecuali kita muncul dengan sesuatu yang sangat berbeda. Wajar ya, seperti rumah. Rumah itu dari waktu ke waktu, masing-masing itu sama. Terus kalau kita lihat rumah-rumah sekarang di BSD, terus kita ke Jepang juga mirip-mirip," ujar Mark, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ulas Desain Eksterior Hyundai Stargazer, Usung Konsep Futuristik

Mark menambahkan, tren itu tidak hanya datang dari mobil. Namun, terkadang dari gaya hidup juga, lalu dikembangkan dari sana.

Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripanKompas.com/Donny Tren desain mobil zaman sekarang banyak kemiripan

"Biasanya, yang lebih banyak terjadi yang mirip-mirip. Tapi, bukan berarti saling meng-copy," kata Mark.

Hal yang senada disampaikan juga oleh Akbar Juniarto, Styling Design Section Head PT Toyota Astra Motor (TAM). Menurutnya, dunia otomotif tidak jauh berbeda dengan gawai.

"Biasanya, ada satu flagship dari brand tertentu yang menjadi trendsetter. Ditambah, ditunjang dengan teknologi yang semakin mudah untuk dibuat dan semakin murah produksinya," ujar Akbar kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Car&Vintage (@car_vintage)

Akbar menambahkan, inspirasi bisa datang dari hal apa pun. Contohnya, mobil klasik Fiat 500 Spiaggina yang dibuat oleh Carrozzeria Boano tahun 1958. Inspirasinya datang dari kebiasaan berjemur di teras rumah.

"Apalagi, bagian interior. Biasanya, terpengaruh dari tren busana juga," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com