Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Pakai Sarung Tangan Meski Basah Hujan-hujanan

Kompas.com - 02/09/2022, 18:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berkendara naik sepeda motor saat hujan membuat sarung tangan basah. Tak sedikit kemudian yang melepas sarung tangan karena jadi dingin.

Alasannya memakai sarung tangan saat hujan dinilai justru menyulitkan. Sebab sarung tangan jadi berat dan jari kedinginan. Selain itu memegang grip atau tuas rem jadi lebih licin.

Baca juga: Ingin Beli Motor Honda Dipaksa Kredit Oleh Sales, Adukan ke Nomor Ini

Touring perdana Honda CB150X di BandungFoto: AHM Touring perdana Honda CB150X di Bandung

Johanes Lucky, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, dalam kaidah berkendara aman atau safety riding maka tidak ada alasan untuk melepas sarung tangan.

"Baiknya tetap dipakai karena fungsinya untuk melindungi kita seumpama terjadi sesuatu untuk meminimalisir resiko," kata Lucky beberapa waktu lalu.

"Jangan terus karena hujan kemudian dilepas, berarti kita tidak ada perlindungan sama sekali ke jari kita. Jadi tetap harus dipakai," ungkap dia.

Fungsi sarung tangan ialah untuk melindungi jari dan telapak tangan, jika asalannya sarung tangan jadi dingin dan licin karena hujan apalagi tidak memakai sarung tangan.

Baca juga: Hyundai Siap Luncurkan Ioniq 6 dan 7

Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motorAditya Maulana, KompasOtomotif Ragam sarung tangan bermerek untuk sepeda motor

Untuk itu kata Lucky, pengendara mesti bijak memilih sarung tangan. Pilih sarung tangan yang khusus buat berkendara bukan sembarangan. Lebih baik lagi pilih sarung tangan yang berkualitas.

"Jadi seharusnya memang tergantung sarung tangan juga. Kalau sarung tangannya khusus buat berkendara walaupun hujan, basah, tetap bisa digunakan," kata dia.

"Artinya fungsi sarung tangan untuk memegang grip tidak hilang atau jadi licin," ungkap Lucky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com