Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Jangan Asal Pindah Lajur di Depan Gerbang Tol

Kompas.com - 24/08/2022, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral memperlihatkan mobil memotong jalan secara tiba-tiba untuk pindah lajur pintu tol di sebelahnya. Hal ini membuat pengemudi yang berada di belakangnya mengerem mendadak.

Dalam video yang diunggah akun Instagram, Dashcam Owners Indonesia, kejadian tersebut tidak sampai kecelakaan. Namun yang disorot ialah pengemudi mobil yang sembarangan pindah pintu tol.

Baca juga: Bikin Motuba Lebih Hemat BBM

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi seperti itu tidak paham etika di jalan dan membahayakan orang lain. Memotong dengan alasan buru-buru sangat tidak disarankan.

“Mengingat kecelakaan tidak ada toleransinya, sekalipun pengemudi tadi tidak teribat kecelakaan, tapi bisa mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan lain,” kata dia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Selain itu kata Sony, ada beberapa perbedaan teknik berkendara di jalan biasa dengan tol. Saat berkendara melalui jalan tol, pengemudi perlu menjaga kecepatan agar tetap stabil namun juga menjaga jarak aman.

Baca juga: Berdiri Sejak 2011, Planet Ban Sudah Punya 1.000 Outlet

Petugas tengah menerapkan ganjil genap di depan pintu tol Pasteur. Ganjil Genap dilakukan di lima tol Kota Bandung untuk mengontrol arus kendaraan yang masuk ke Bandung setiap Akhir pekan.KOMPAS.COM/AGIE PERMADI Petugas tengah menerapkan ganjil genap di depan pintu tol Pasteur. Ganjil Genap dilakukan di lima tol Kota Bandung untuk mengontrol arus kendaraan yang masuk ke Bandung setiap Akhir pekan.

Saat akan mendahului, pengemudi bisa menggunakan lajur kanan baru berpindah kembali ke lajur awal. Saat pindah lajur tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Training Director RDC Roslianna Ginting menjelaskan, saat akan berpindah lajur, pengemudi harus selalu mengecek spion dan area sekeliling mobil untuk memastikan bahwa mobil sudah aman untuk berpindah ke lajur yang diinginkan

"Pastikan cek sekeliling spion terlebih dahulu, terutama lajur yang ingin kita lalui. Dan, jangan pernah percaya 100 persen dengan spion, karena ada titik buta," jelas Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com