Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Peredam Kabin buat Mobil Murah

Kompas.com - 24/08/2022, 15:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) masih menjadi kendaraan yang banyak diminati di Indonesia. Namun, mobil yang dikenal dengan harga murah tersebut juga memiliki beberapa kekurangan mengenai kenyamanan berkendara.

Maka dari itu, berbagai cara digunakan untuk menunjang kenyamanan mobil LCGC, salah satunya peredam kabin mobil.

Baca juga: Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Masih Berlaku di Banten

Mobil LCGC identik dengan bodi dari bahan pelat yang tipis yang mana rentan terdengar suara bising dari dalam kabin mobil.

Mulai ketika terkena rintik hujan, suara ban yang bergesekan dengan jalan atau bahkan suara mesin mudah terdengar di dalam kabin saat berkendara.

Tentunya suara tersebut akan mengganggu konsentrasi berkendara. Maka dari itu tak ada salahnya mobil LCGC disematkan peredam suara.


Novia Hadi Putri, Brand Manager Z3RO Solution mengatakan jika harga pemasangan peredam suara mobil berbeda tiap jenis mobil.

“Paket pemasangan peredam suara di Z3ro Solutions terbagi berdasarkan tipe atau ukuran mobil. Misal untuk 4 pintu mobil small seperti Brio, Agya atau Yaris itu harganya mulai dari Rp 1,6 juta. Material yang digunakan yaitu smartplast 1,5 mm,” kata Novia kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Ilustrasi peredam suara pada kabin mobilGRIDOTO.com/RADITYO HERDIANTO Ilustrasi peredam suara pada kabin mobil

Novia menjelaskan Z3RO Solutions adalah solusi peredaman yang berfokus pada solusi getaran, solusi akustik dan solusi panas untuk kendaraan maupun ruangan.

Di Z3RO solutions terdiri dari beberapa tipe peredam berdasarkan ketebalan dan fungsinya. Maka dari itu, pemasangan peredam suara untuk segmen mobil LCGC akan berbeda tergantung kebutuhan dan material yang dipakai.

Baca juga: Ultimatum Bos Ducati: Jangan Ada Pebalap yang Ganggu Pecco Bagnaia!

Untuk paket pemasangan peredam suara di mobil secara full kabin mulai Rp 4,5 juta. Material yang digunakan yakni smartplast 1,5 mm.

“Sementara itu, untuk medium car harga pemasangan peredam suara mulai dari Rp 6,1 juta menggunakan smartplast 1,5 mm,” kata Novia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com