Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Sebut Animo Masyarakat terhadap Mobil Listrik Meningkat

Kompas.com - 23/08/2022, 15:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pilihan mobil listrik di Indonesia semakin beragam. Harga yang ditawarkan juga semakin bervariasi, mulai puluhan juta rupiah hingga miliaran rupiah.

Pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 misalnya, ada empat mobil listrik baru yang diluncurkan.

Keempat mobil itu adalah Wuling Air ev, BMW i4 dan iX, serta Porsche Taycan S Turbo. Keempat model ini jelas melengkapi dan menambah pilihan yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Motor Listrik Alva Bungkam Saat Ditanya SPK di GIIAS

BMW iX dan i4@chongky BMW iX dan i4

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, animo masyarakat terhadap mobil listrik semakin meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Pemerintah itu mengharapkan yang namanya electric car, kendaraan-kendaraan yang lebih bersih emisi dan tidak menggunakan bahan bakar fosil itu ditonjolkan. Kita telah melakukan hal ini,” ujar Nangoi di ICE BSD City (20/8/2022).

Nangoi menambahkan, sederet mobil listrik yang ditawarkan APM jadi bukti bertambahnya permintaan konsumen. Walaupun demikian, banyak di antaranya yang masih inden atau belum dikirim ke konsumen.

Baca juga: Perlu Diantisipasi, Ini 5 Masalah Umum yang Sering Terjadi pada Mobil

“Anda bisa lihat bahwa animo masyarakat yang test drive itu ada 400-500 sehari, puncaknya hampir 1.000. Tinggi sekali per harinya,” kata dia.

Sementara itu, penyelenggara juga mencatat total ada lebih dari 10.000 pengujung telah mencoba dan merasakan langsung sensasi kendaraan listrik.

Baik kendaraan penumpang, kendaraan komersial, maupun sepeda motor di area GIIAS EV Test Track sepanjang pameran berlangsung.

Baca juga: Mengenal Lagi Arti Angka dan Huruf pada Tuas Mobil Matik

Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Mobil listrik Hyundai Ioniq 5 dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (13/8/2022).

“Antusiasme masyarakat terhadap teknologi terkini dari industri otomotif Indonesia sangat luar biasa tahun ini, tecatat 385.487 pengunjung hadir disepanjang penyelenggaraan GIIAS 2022,” ucap Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2022 (22/8/2022).

“Selain teknologi otomotif terkini, area EV Test Track juga menjadi magnet bagi para pengujung GIIAS 2022,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com