Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Performa dan Konsumsi BBM Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla

Kompas.com - 21/08/2022, 14:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengulas bagian eksterior dan interior. Tim redaksi kali ini akan membahas tentang performa dan konsumsi bahan bakar dari Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla.

Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin berkapasitas 998 cc, hanya saja berada di segmen yang berbeda. S-Presso city car, sementara Daihatsu Ayla berada di kelas LCGC.

Suzuki S-Presso dibekali jantung pacu 998 cc K10B DOHC, 3-silinder 12 katup. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 64 Tk pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 90 Nm pada 3.500 rpm.

Baca juga: Adu Interior Suzuki S-Presso dan Daihatsu Ayla, Siapa yang Menarik?

Test drive Suzuki S-Presso GIIAS 2022KOMPAS.com/Adityo Wisnu Test drive Suzuki S-Presso GIIAS 2022

Sementara Daihatsu Ayla dibekali mesin 998 cc 1KR-DE DOHC 3-silinder, yang mampu menghasilkan tenaga 64 Tk pada 6.000 rpm dan torsi maksimum hingga 86 Nm pada 3.600 rpm.

Bicara soal konsumsi BBM, pada pengetesan yang dilakukan redaksi beberapa waktu lalu, via jalan tol dalam kota yang meliputi Kuningan, Senayan, Cawang, hingga berakhir di Sunter dengan jarak sekitar 76 Km, tercatat pada layar MID Ayla, hasil rata-rata tembus 18,6 kilometer per liter (kpl) dengan kecepatan sekitar 60 kpj.

Artinya konsumsi BBM Ayla yang dikendarai redaksi hanya membutuhkan bensin satu liter untuk menempuh jarak hingga 18,6 km.

Daihatsu Ayla di GIIAS 2021KOMPAS.com/Gilang Daihatsu Ayla di GIIAS 2021

Sementara untuk konsumsi bahan bakar Suzuki S-Presso, mengingat mobil ini baru saja diluncurkan pada pembukaan ajang GIIAS 2022, redaksi belum memiliki kesempatan untuk menguji konsumsi bahan bakar secara langsung.

Namun berdasarkan klaim pabrikan, mobil ini bisa menghasilkan konsumsi BBM hingga 21 kpl.

Baca juga: Hyundai Klaim Kantongi 1.000 SKP Stargazer di GIIAS 2022


Tentu hasil tersebut tidak bisa dijadikan patokan. Mengingat banyak faktor yang memengaruhi masalah konsumsi bahan bakar.

Dari kondisi jalan, jarak tempuh, gaya berkendara, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, beban barang yang dibawa di kabin, dan sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com