Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tenaga Kebersihan Kerja 16 Jam di GIIAS 2022 demi Honor Musiman

Kompas.com - 18/08/2022, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif skala besar seperti Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 melibatkan banyak pihak, mulai dari agen pemegang merek, usher, hingga tenaga kebersihan.

Tenaga kebersihan punya tugas yang krusial. Pekerjaannya mungkin sering diabaikan, tetapi berpengaruh besar di pameran. Mulai dari menyapu dan mengelap lantai pameran, hingga menjaga kebersihan kaca.

Fajar, tenaga kebersihan di booth Astra International yang ditemui waktu pembukaan acara, mengatakan, tugasnya yaitu mengepel, menyapu, dan mengelap meja, mulai pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Baca juga: New Baleno, Modal Suzuki Bersaing di Segmen Hatchback

Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Ilustrasi pengunjung pameran GIIAS 2022

"Sebetulnya tidak tentu. Jam kerjanya bisa pulang agak malam dan bisa cepat. Sehari itu 12 jam selama pameran," kata Fajar yang ditemui Kompas.com, belum lama ini.

Fajar mengakui tugasnya cukup berat karena booth mesti dalam kondisi bersih. Sedangkan pameran dihadiri banyak orang dan yang datang ke booth cukup banyak, mulai dari sales yang berjaga, usher, hingga pengunjung.

"Nunggu agak sepi biar tidak terlalu mengganggu," kata dia.

Fajar yang baru pertama kali kerja sebagai tenaga kebersihan di pameran mengatakan bisa membawa uang Rp 150.000 per hari. Honor musiman ini baru diterima penuh ketika pameran berakhir.

Seorang tenaga kebersihan di salah satu merek besar pabrikan Jepang di Hall 1 ICE BSD City, Tangerang, yang minta tidak disebutkan namanya, dan bertugas untuk menjaga kebersihan di bagian kerja dari pagi sampai malam.

Baca juga: 1 Dekade Honda Brio, Terjual 453.253 Unit di Indonesia

Booth Isuzu di GIIAS 2022KOMPAS.com/Serafina Ophelia Booth Isuzu di GIIAS 2022

"Tugas saya bersih-bersih, lap-lap meja dan buang sampah. Sisa-sisa makanan saya buang. Kerja dua shif, yang pertama masuk jam 08.00 WIB dan pulang jam 15.00 WIB. Shift kedua jam jam 15.00 WIB sampai jam 22.00 WIB," kata dia.

Dia mengambil jatah long shift dari pagi sampai malam dengan total 16 jam kerja, agar bayarannya lebih tinggi.

"Iya kita hitungannya sebelum karyawan di GIIAS masuk, kita masuk duluan," kata dia.

"Satu shift dari pagi sampai sore Rp 200.000, kalau long shift Rp 400.000 dikali 11 hari," kata dia.

Baca juga: Promo Modifikasi Kabin Hiace Jadi Super Mewah, Siapkan Rp 350 Juta

Ilustrasi tenaga kebersihan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.KOMPAS.com/Gilang Ilustrasi tenaga kebersihan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

Dana, tenaga kebersihan di booth motor listrik Alva punya tugas yang lebih spesifik. Dia bertugas untuk mengelap kaca yang berfungsi sebagai pagar booth. Saat ditemui dia juga sedang nengelap kaca menggunakan splash chamois.

"Saya bersih-bersih cek-cek saja, kalau adayang kotor langsung dilap. Kerjanya ganti-gantian. Saya masuk jam 13.00 WIB sampai 21.00 WIB. Ada sih capainya, namanya kerja pasti capai," kata dia.

Berbeda dengan yang lain Danang mengatakan baru diperkerjakan sebagai tenaga kebersihan di pertengahan pameran bukan dari awal atau pembukaan pameran. Dia juga belum tahu besaran bayarannya.

"Saya kurang tahu itu. Nanti pasti ketika sudah selesai dari Seven (Seven Event organisator pameran GIIAS)," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com