Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulik Interior, Lebih Nyaman Daihatsu New Sirion atau Honda Brio RS?

Kompas.com - 05/08/2022, 16:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil city car jadi salah satu pilihan yang banyak diminati masyarakat. Selain desainnya yang menarik, interior atau kenyamanan yang ditawarkan juga jadi pertimbangan.

City car di Indonesia cukup banyak pilihannya. Tapi, yang sering kali disandingkan adalah Daihatsu New Sirion dan Honda Brio RS. Kedua mobil ini kerap kali dibanding-bandingkan.

Baca juga: Jajal Performa Daihatsu New Sirion Jelajahi Manado-Tomohon

Kali ini, tim redaksi coba membantu konsumen dalam menentukan pilihan dengan mengomparasi interior New Sirion dan Brio RS.

Test drive Daihatsu New SirionDok. ADM Test drive Daihatsu New Sirion

Daihatsu New Sirion

Kabin New Sirion didominasi dengan warna gelap, tapi bagian atapnya tetap dibuat terang. Kombinasi warna hitam dengan beberapa aksen silver menghiasi area dasbor.

New Sirion dengan jok model semi bucket seat memberikan kenyamanan yang cukup baik. Joknya masih dilapisi dengan material fabric.

Baca juga: Fitur Terbaru yang Jadi Andalan Daihatsu New Sirion

Untuk posisi mengemudi, tidak sulit juga menemukan posisi berkendara yang ergonomis. Sebab, joknya bisa diatur tinggi rendah dan maju mundurnya secara manual. Selain itu, setirnya yang sudah dilapisi kulit juga bisa diatur tinggi rendahnya.

Speedometer Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Speedometer Daihatsu New Sirion

Visibilitas cukup baik dan akses untuk mengoperasikan tombol-tombol yang ada di konsol tengah juga mudah dijangkau. Setirnya juga sudah dilengkapi tombol untuk mengatur audio.

Pada panel instrumen, Daihatsu menggunakan kombinasi analog dan layal TFT 4,2 inci untuk New Sirion. Sehingga, terlihat lebih modern. Ditambah lagi dengan adanya head unit 7 inci dan tampilan AC yang sudah digital.

Head unit Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Head unit Daihatsu New Sirion

Kabinnya juga cukup lega, baik ruang kaki maupun ruang kepala, untuk baris depan dan juga baris belakang. Sehingga, penumpang dengan postur badan 170 cm pun masih cukup nyaman.

Sofa mode Daihatsu New SirionKompas.com/Donny Sofa mode Daihatsu New Sirion

New Sirion memberikan kenyamanan bukan hanya dari posisi duduk saja. Tapi, ada beberapa fasilitas atau kemudahan yang disajikan pada mobil ini.

Tempat penyimpanan pada mobil ini juga cukup banyak, mulai glove box, cup holder yang ada di pintu dan juga konsol tengah, seat back pocket, dan gantungan barang yang terdapat di kursi pengemudi dan penumpang barisan depan. Kursi tersebut juga sudah disediakan power outlet untuk mengecas ponsel.

Keunggulan lainnya adalah Sofa Mode. Jika posisi bangku penumpang depan dimajukan sampai maksimal, lalu headrest dilepas, dan sandaran punggung dibuka hingga maksimal, maka joknya seolah menyatu dengan jok belakang. Sehingga, penggunanya bisa bersantai meluruskan kaki seperti duduk di sofa.

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

Honda Brio RS

Sedangkan Brio RS, interiornya didominasi warna gelap. Untuk jok model semi bucket ini, masih dibalut dengan material fabric. Pengaturan joknya pun masih manual, sama seperti New Sirion. Namun demikian, kenyamanan dan kelapangan kabinnya cukup baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com