Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Menyebabkan Honda Civic Wonder Banyak Dicari

Kompas.com - 04/08/2022, 06:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Honda Civic Wonder jadi mobil tua bangka (motuba) yang banyak diburu, terutama untuk tipe hatchback dua pintu.

Motuba keluaran Honda ini hadir di Indonesia dengan mesin berkapasitas 1.300 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 71 kpj pada putaran 6000 rpm serta torsi 105 Nm pada 3500 rpm. Fitur yang biasa saja.

Tapi, Honda Civic Wonder menjadi spesial karena ada beberapa hal yang menunjang. Mulai dari desain hingga kehematan konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Motuba

Ulang tahun Honda Civic ke-50Dok. Honda Ulang tahun Honda Civic ke-50

Pemilik Garasi Mobkas Om Cilok Agus Dwi Giyanto, mengatakan Honda Civic Wonder diminati bisa jadi karena memiliki model yang unik.

“Jika diamati Honda Civic Wonder itu modelnya kan tengah-tengah, antara kapsul dan kotak, jadi itu menjadi daya tarik tersendiri di samping memang mobil ini memiliki kelebihan lain seperti konsumsi bahan bakar yang lebih hemat,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

Dia mengatakan kebanyakan orang yang suka mobil kapsul akan mencari mobil-mobil tahun muda. Lekukan bodi kendaraan semacam itu menjadi tanda bahwa itu mobil modern dan kekinian.

Baca juga: Merawat Motuba Tidak Boleh Sembarangan, Butuh Pengetahuan Khusus

Iqbal Ramadhan dan motuba miliknya Iqbal Ramadhan dan motuba miliknya

Sedangkan orang yang suka mobil klasik akan lebih condong memilih model kotak. Nah, Honda Civic Wonder ada di tengah-tengahnya, sehingga cakupan peminatnya makin luas dan terkesan unik.

“Banyak orang mencari mobil ini (Honda Civic Wonder) karena harga di pasaran relatif murah mulai, 10 juta sampai 35 jutaan tergantung kondisi dan tipe,” ucap Agus.

Dia mengatakan mencari mobil tua bangka yang satu ini susah mendapatkan yang kondisinya baik, rata-rata rangka mobilnya banyak yang keropos parah pada lantai. Dia mengatakan bahan platnya memang tipis, jadi rawan keropos.

Baca juga: Honda Civic Wonder, Motuba Era1980-an Ini Dijual Rp 255 Juta

Jadi, Honda Civic Wonder ini jika dirawat bisa menjadi mobil kecil yang unik. Selain itu, harga bahannya sendiri cukup murah, jadi orang senang memilikinya untuk sekedar hobi. Dan bila digunakan untuk mobilitas sehari-hari juga masuk, karena konsumsi bahan bakarnya irit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com