Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Asia Tenggara, Taksi Listrik Terbang EHang Bakal Angkut Penumpang di PEVS 2022

Kompas.com - 29/07/2022, 18:26 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Prestige Image Motorcars akan menghadirkan sajian menarik sebagai penutup gelaran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 melalui demonstrasi taksi terbang listrik, EHang 216, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (31/7/2022).

Menariknya, kali ini kendaraan dengan model Autonomous Aerial Vehicle (AVV) berteknologi otomatis tersebut akan diisi oleh penumpang dengan ketinggian sekitar 100 meter.

"Sepengetahuan saya, ini yang pertama di Asia Tenggara. Penumpang hanya untuk undangan dulu ya, kalau untuk umum akan dilaksanakan di Agustus nanti," kata Presdir Prestige Image Motorcars, Rudy Salim kepada Kompas.com, Jumat (29/7/2022).

Baca juga: Produsen Baterai ABC Lithium Tegaskan Limbahnya Bisa Didaur Ulang

EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022Kompas.com/Donny EHang 216 demo terbang di IIMS Hybrid 2022

"Nanti akan terbang di kisaran JIExpo Kemayoran dari titik A kembali ke titik A, memutar sedikit," tambah dia.

Langkah tersebut dilakukan perseroan, untuk memperkenalkan teknologi AAV ke khalayak ramai karena bisa merubah seluruh sistem transportasi perkotaan jadi lebih modern, hemat biaya, aman, dan ramah lingkungan.

Kendati tidak bisa menaiki taksi terbang di kesempatan terkait, para pengunjung pameran masih bisa bebas untuk melihat proses demonstrasi lepas landas serta mendaratnya EHang 216.

"Acaranya akan dimulai pada pukul 11.00 WIB yang diawali dengan seremoni dan lain-lain. Pengunjung bebas untuk melihatnya tapi kalau ikut jadi penumpang belum bisa karena hanya undangan saja," kata Project Manager PEVS 2022, Rudi MF.

Diketahui, EHang 216 merupakan sebuah AAV yang memiliki dimensi lebar 5,6 meter dan tinggi 1,7 meter. Berkapasitas dua orang penumpang, kendaraan sanggup menangkut berat 220 kg dengan kecepatan maksimum 130 kpj.

Baca juga: UGM Punya 2 Mobil Listrik Balap Karya Mahasiswa

Taksi terbang EHang 216KOMPAS.com/Ruly Taksi terbang EHang 216

EHang 216 memiliki 16 baling-baling dengan 8 lengan yang dapat dilipat. Lengan tersebut berfungsi untuk menghemat area parkir, dan hanya butuh area sebesar 5 meter persegi.

Adapun konsep kerja kendaraan ini seperti drone alias pengendalian tanpa awak karena kontrol pusat kendaraan sudah cerdas dan dikendalikan dari jarak jauh.

"Bagi yang berminat untuk melihat EHang 216 terbang membawa penumpang pertama kalinya, berlangsung di lapangan parkir B3 JIExpo Kemayoran, Jakarta mulai pukul 11.00 WIB," kata Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com