Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepeda Motor Listrik NIU Sudah Rakitan Tangerang

Kompas.com - 27/07/2022, 15:12 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Utomocorp pemegang merek motor listrik NIU Mobility percaya pasar motor listrik di Indonesia akan besar. Karena itu Utomocorp berani merakit NIU secara lokal di pabrik di Tangerang.

Denny Utomo CEO PT Utomo International (Utomocorp), mengatakan, pabrik perakitan sudah berjalan sejak April lalu. Saat ini semua model NIU yang dijual yaitu NIU Gova 03, NIU NQI Sport dan NIU NGT sudah dirakit lokal.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Berkendara Tanpa AC Bisa Lebih Hemat BBM?

Jajal NIU Gova 03 di IIMS Hybrid 2021Foto: KOMPAS.com/ Setyo Adi Jajal NIU Gova 03 di IIMS Hybrid 2021

"Kita sudah mulai produksi, semua merek NIU sudah produksi (lokal), satu hari 100 unit dari tiga bulan yang lalu," kata Denny yang ditemui di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/7/2022).

"Perakitan, assembly CKD. Cuma dalam waktu dekat kita mau meningkatkan kandungan lokal jadi beberapa material seperti roda dan ban. Kita coba (tingkat kandungan dalam negeri/TKDM) di angka 15 persen," ungkap dia.

Denny mengatakan, saat ini pihaknya ingin menambah satu jalur produksi di pabrik untuk meningkatkan kapasitas. Dengan adanya dua jalur maka produksi motor listrik dan motor bensin bisa dipisah.

Baca juga: Langkah Toyota Indonesia untuk Mengurangi Bebas Emisi

Italjet Dragster Limited EditionKOMPAS.com/GILANG SATRIA Italjet Dragster Limited Edition

Utomocorp sendiri merupakan perusahaan yang menaungi beberapa merek motor premium di Indonesia mulai dari NIU, Royal Alloy, Italjet dan Energica.

"Saat ini kita mulai coba mengekspansi menambah jalur line produksi supaya meningkatkan kapasitas. Saat ini satu jalur tapi pada akhir bulan jadi dua jalur," kata Denny.

"Sudah (dirakit lokal) Italjet dan Royal Alloy, makanya kita mau tambah line produksi, jadi satu line khusus elektrik dan satunya buat ICE (motor bensin) tidak tercampur. Pabriknya luas, sisi kanan buat ICE dan sisi kiri buat bensin," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com