Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia | PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar

Kompas.com - 27/07/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang diselenggarakan pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo, Kemayoran, merupakan salah satu ajang pameran terbesar kendaraan listrik di Indonesia.

Lewat pameran ini, berbagai produk kendaraan listrik unggulan meluncur. Meski kebanyakan masih berasal dari China, lalu di-rebranding menjadi merek lokal.

Fenomena ini begitu terasa dari berbagai motor listrik yang sporadis meluncur di Indonesia, umumnya punya kesamaan, mulai desain, teknologi, atau asal pabrik yang serupa.

Selan itu, PO Efisiensi sepertinya sedang merombak armadanya. Belum lama ini, PO asal Kebumen, Jawa Tengah tersebut kembali mengambil bus baru dari Karoseri Adiputro, Malang. Bus yang keluar ada dua unit dengan bodi bergaya klasik, yakni single glass.

Walaupun begitu, tampilan eksterior yang dipilih PO Efisiensi berbeda dari sebelumnya, punya livery yang lebih dinamis. Bodi Jetbus 3+ MHD Single Glass dengan pajang 12 meter tersebut dikelir dengan warna kuning.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 26 Juni 2022 :

1. Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia

Semisal merek Davigo yang mengenalkan motor listrik bergaya klasik, Davigo Forza. Sementara itu, Mobil Anak Bangsa (MAB) turut meluncurkan sub brand motor listrik bernama Electro, dengan modelnya Electro EL02.

Menariknya, desain antara Davigo Forza dan Electro EL02 terlihat identik. Keduanya memiliki desain retro klasik yang mirip Vespa Primavera dengan dimensi lebih mungil.

Ketika ditanya mengenai kemiripan ini, Glora Slucky salah satu pendiri dan Kepala Pemasaran PT Davigo Artha Luas mengatakan, meski mirip tapi keduanya berbeda, yang mana perbedaannya yaitu di vendor asal.

Baca juga: Fenomena Serbuan Motor Listrik China ke Indonesia


2. PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar

Bus AKAP baru po efisiensi Adiputro Bus AKAP baru po efisiensi

Selain itu, ada kombinasi warna hijau yang ada di bagian belakang bodi dengan model seperti robekan.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, untuk bagian kabin, sebenarnya sama dengan bus PO Efisiensi yang keluar lebih dahulu, kelir kuning dan biru.


"Sama dengan yang sebelumnya, beda jurusan saja," kata Yohan kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Baca juga: PO Efisiensi Tambah Lagi Bus Baru dengan Livery Segar

3. Sepeda Listrik Tak Boleh di Jalan Raya, Davigo Pasrah

Davigo resmi meluncurkan motor listrik bernama Davigo Space di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Foto: Dyandra Davigo resmi meluncurkan motor listrik bernama Davigo Space di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com