Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2022, 08:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang dihelat pada 22-31 Juli 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, menghadirkan berbagai sajian menarik.

Selain kehadiran produk otomotif baru, area test drive atau menjajal kendaraan di dalam ruangan, ternyata ada juga beberapa kendaraan listrik yang unik. Mulai truk sampah listrik, taksi terbang, hingga kereta gantung listrik.

"Kami berupaya menghadirkan ekosistem kendaraan listrik dalam pameran ini. Jadi tidak hanya mobil dan motor, ada juga bus, truk, sampai aerobus dengan kereta gantung listrik," kata Project Manager PEVS 2022 Rudi MF.

Baca juga: Seberapa Luas Kabin Penumpang Mobil Listrik Mungil Wuling Air ev?

"Untuk taksi terbang yang dibawa oleh Prestige Image Motorcars, kami juga punya rencana untuk dilakukan suatu demonstrasi yang menarik. Nantikan saja, kejutan," tambahnya.

Lebih rinci, berikut empat kendaraan listrik berbasis baterai yang unik di PEVS 2022:

Truk listrik PT MABKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik PT MAB

1. Truk sampah listrik

Kendaraan listrik yang menarik di lantai pameran ialah truk sampah listrik besutan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Memang desainnya begitu sederhana, tidak banyak tarikan garis tegas di bodi karena peruntukannya sebagai compactor.

Dijelaskan B. Prabowo Kartoleksono, Head of Business Development, Sales & After Sales Service PT MAB, truk sampah untuk PT Groen Indonesia itu dibuat dari nol.

"Desainnya unik, low entry atau low floor. Kita juga pakai untuk garbage compactor kita bikin tinggi belakangnya," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Bentuk kepala truknya kotak namun dengan sudut-sudut tumpul. Selain bagian perlampuan juga sederhana, bentuknya bulat dengan tambahan warna hitam yang memberi kesan kaca depan berukuran besar.

Baca juga: MAB Pamer Truk Listrik di PEVS 2022, Buat Angkut Sampah

Truk listrik PT MABKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Truk listrik PT MAB

Truk dengan desain rendah seperti ini bisa dibilang unik. Mengingat truk sampah di Indonesia kebanyakan dimensinya cukup tinggi, karena memakai sasis ladder.

Disebutkan juga, truk ini memiliki pemadat sampah dengan kapasitas 10M3 yang dioperasikan sepenuhnya menggunakan tenaga listrik dari baterai. Truk sampah listrik MAB memiliki panjang lebih dari 8 meter.

Baterainya menggunakan LiFePo 605.58 V 519 Ah 315.85 KWh yang mampu menyuplai daya hingga jarak tempuh 300km dalam sekali pengecasan. Untuk performanya dapat melaju hingga kecepatan 50 kpj.

Adapun tenaga yang dihasilkan 150kw dengan torsi puncak 1194 Nm. Sebagai truk sampah, mobil listrik yang satu ini dapat menampung muatan hingga 7.500kg.

Baca juga: Metropod Buatan MAB Siap Dijadikan Kendaraan Tanpa Awak

Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Metropod buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB)

2. Angkutan Perumahan atau Terminal Berbasis Listrik

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com