Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Indonesia Tampil Premium dengan Posisi Pintu Belakang di Tengah

Kompas.com - 22/07/2022, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan bus dengan pintu belakang di tengah beberapa tahun ke balakang dianggap lebih keren dibanding model pintu di belakang.

Di tengah ini maksudnya adalah posisi pintu berada di antara roda depan dan belakang. Sedangkan untuk pintu belakang pada umumnya, dipasang setelah as roda belakang.

Posisi pintu di tengah sebenarnya menyesuaikan dari sasis yang digunakan. Biasanya untuk sasis premium dengan tenaga lebih dari 300 TK, pintu belakang ditaruh di tengah karena ruang setelah as roda tidak cukup.

Baca juga: Peristiwa Bus Terbakar, Bukti Krusialnya Uji KIR

Bus AKAP baru PO Rosalia IndahDOK. ADIPUTRO Bus AKAP baru PO Rosalia Indah

Namun, karoseri juga bisa membuat pintu belakang di tengah sesuai dengan permintaan pemesan. Biasanya untuk bus dengan space frame bisa dibuat pintu tengah.

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, mengenai tampilan bus pintu tengah memang terlihat keren karena berkiblat pada bus-bus yang ada di Eropa.

“Ya karena bus luar negeri atau Eropa kayaknya seperti itu (pintu tengah), jarang yang pintu belakang,” kata Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Diperluas, Pendaftaran Pertalite Dibuka untuk Warga Jakarta dan Bekasi


Menggunakan pintu tengah ini juga punya beberapa manfaat. Salah satunya adalah posisi toilet yang bisa ada di sebelah pintu. Sehingga posisinya rendah dan tidak mengganggu pandangan penumpang ke arah samping.

“Dengan pintu tengah dimungkinkan toilet ada di depan atau belakang pintu tersebut dengan posisi di bawah. Jadi view jendela tidak terhalang bodi toilet,” kata Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com