Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet, Cek Kondisi Lalu Lintas Tol Jakarta-Cikampek Via CCTV

Kompas.com - 13/07/2022, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terjebak kemacetan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek kini bisa dihindari pengemudi yang hendak ke luar kota. Kerap, aktivitas bisnis atau liburan bersama keluarga di Pulau Jawa mengakses tol ini harus terganggu karena kondisi jalan yang padat.

Dalam kondisi macet, masalah bisa saja timbul mula fisik dan psikis, karena harus antre berjam-jam di jalan tol.

Oleh karena itu, guna menghindari potensi terjebak macet, pengemudi harus menyiapkan rute serta manajemen waktu yang pas, termasuk potesi kondisi lalu lintas jalan yang hendak dilalui.

Baca juga: Jangan Terlalu Nempel, Begini Cara Boncengan yang Benar

Pantauan lalu lintas Jakarta-Cikampek lewat CCTV online di situs Bina MargaKOMPAS.com/Ruly Pantauan lalu lintas Jakarta-Cikampek lewat CCTV online di situs Bina Marga

Terkait informasi kondisi lalu lintas terkini, bisa diperoleh melalui media sosial kepolisian (TMC Polda setempat) dan operator tol. Selain itu, juga dapat menyimak kondisi jalan lewat pantauan CCTV online.

Menariknya, Direktorat Jenderal Bina Marga kini sudah memiliki CCTV di Tol Jakarta-Cikampek yang cukup sering dilewati kendaraan bermotor. Bahkan cangkupannya sangat lengkap, mulai KM 00+44 (Halim) sampai KM 72+000.

Cara mengaksesnya, tinggal klik link ini dan pilih CCTV Tol pada kolom menu di atasnya. Apabila hendak mencari ruas non-tol juga ada, tetapi memang belum lengkap.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Begini Teknik Belok Motor yang Benar

Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.rttmc.dephub.go.id Tangkapan layar laman Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) dari Kemenhub yang menampilkan CCTV dari sejumlah lokasi.

Dalam informasi ini juga tersedia tarif dan navigasi Tol, lengkap dengan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Apabila ingin lebih luas lagi, bisa mendatangi situs milik Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Informasi ini merupakan bersifat real time dari berbagai daerah. Setidaknya ada sekitar 40 CCTV yang bisa diakses, sehingga mengetahui kondisi jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com