Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Kunci Kontak Mobil Transmisi Matik Tidak Bisa Dicabut

Kompas.com - 11/07/2022, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci kontak pada mobil matik secara umum sama dengan kunci kontak lainnya. Hanya saja ada fitur tambahan, yaitu kunci kontak mobil matik tidak bisa dicabut bila posisi tuas transmisi tidak di P.

Alasannya, merupakan fitur keamanan pada mobil matik agar kunci tidak lepas dengan sendirinya. Selain harus di posisi P, kunci kontak juga wajib berada di posisi lock baru bisa dicabut.

Pada beberapa mobil, agar kunci bisa diputar ke posisi lock juga dibutuhkan mengepaskan posisi roda kemudi lalu menekan tombol pengaman, baru kunci kontak bisa dicabut.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Kunci Mobil Tertinggal di Kabin

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Sedangkan untuk mobil yang tidak dilengkapi tombol khusus, komponen pengamannya ada di tuas transmisi, jadi hanya ketika posisi P kunci kontak bisa dicabut secara otomatis..

Nah, kadang ketika terjadi masalah, posisi tuas transmisi sudah di P tapi tetap saja kunci kontak tidak bisa dicabut. Hal ini tentu saja mengganggu apalagi Anda buru-buru atau sedang berada di suatu tempat di luar rumah yang tidak memungkinkan meninggalkan kunci di dalam mobil.

Foreman Nissan Bintaro, Mukti Aji mengatakan di tuas transmisi ada pengamanan yang bisa disetel, berupa kawat yang terhubung dengan kunci kontak, jika setelan ini berubah atau tidak pas maka anak kunci menjadi tidak bisa dicabut meski tuas transmisi sudah di P.

“Penyetelan ada di bawah tuas transmisi, sejenis kawat pendorong yang terhubung dengan rumah kunci kontak di kemudi, jika penyetelannya tidak pas selain kunci tidak bisa dicabut juga membuat anak kunci bisa dicabut di semua posisi baik itu ACC atau ON,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Minggu (10/7/2022).

Baca juga: Duplikasi Kunci Immobilizer Tidak Bisa Sembarangan

Ilustrasi interior mobil.PIXABAY/LUKPIXABY Ilustrasi interior mobil.

Dia mengatakan seharusnya fitur keamanan ini ada di setiap mobil matik, hanya saja mungkin nama, letak dan komponennya berbeda, sehingga cara penyetelannya pun berbeda.

“Kalau di Nissan, penyetelannya bisa ditarik atau diulur, lantas dicari posisi mana yang paling pas dengan mencoba-coba sambil memutar anak kunci,” ucap Mukti.

Berhubung cara penyetelannya sedikit rumit, sebaiknya dilakukan di bengkel atau memanggil tenaga ahli dalam hal ini. Dan yang paling penting jangan panik!

Biasanya biaya yang dibutuhkan tidak banyak untuk menyetelnya, mengingat tidak ada part yang perlu diganti. Kecuali telah terjadi kerusakan tertentu yang membutuhkan penggantian komponen, maka mungkin biayanya bisa lebih mahal dan membutuhkan waktu cukup lama untuk pemesanan part.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com