Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini 5 Penyebab Klakson Mobil Tiba-tiba Mati

Kompas.com - 08/07/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Klakson merupakan komponen pada mobil yang memiliki fungsi cukup penting. Dengan klakson maka pengendara bisa berkomunikasi dengan pengguna jalan lain sehingga perjalananan menjadi kondusif.

Tanpa klakson, pengendara menjadi kurang percaya diri terutama ketika dihadapkan dengan jalan yang padat atau ketemu persimpangan jalan yang sibuk. Sehingga, klakson perlu segera diperbaiki bila dijumpai mati secara tiba-tiba.

Untuk permasalahan klakson sendiri dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi klakson itu sendiri hingga sampai masalah pada kelistrikan. Sehingga, ada beberapa yang bisa ditangani sendiri karena mudah ada juga yang memerlukan pihak bengkel untuk memperbaikinya.

Baca juga: 4 Penyebab Suara Klakson Mobil Tiba-tiba Menjadi Sember

Dalam gambar yang diambil pada 13 Maret 2014, komuter India melakukan perjalanan di sepanjang jalan yang sibuk di Mumbai, salah satu kota paling bising di dunia telah menghadapi tantangan yang menakutkan, hingga membujuk pengemudi India untuk berhenti membunyikan klakson mobil mereka.AFP PHOTO/PUNIT PARANJPE Dalam gambar yang diambil pada 13 Maret 2014, komuter India melakukan perjalanan di sepanjang jalan yang sibuk di Mumbai, salah satu kota paling bising di dunia telah menghadapi tantangan yang menakutkan, hingga membujuk pengemudi India untuk berhenti membunyikan klakson mobil mereka.

Pemilik Anugerah Auto Service Spesialis Elektrikal, Arjun mengatakan setidaknya ada lima faktor yang menyebabkan klakson mati yaitu fuse, spiral kabel jika ada, rangkaian listrik, relay dan klakson itu sendiri.

“Ada banyak faktor, mulai dari fuse putus, spiral kabel untuk beberapa jenis kendaraan, rangkaian listriknya bisa putus atau short, relay bermasalah atau klakson yang sudah rusak,” ucap Arjun kepada Kompas.com, Jumat (8/7/2022).

Dia mengatakan jika salah satu saja faktor tersebut bermasalah, maka klakson tidak akan menyala. Sedangkan jika kelima faktor tersebut bagus, seharusnya klakson bisa menyala dengan baik.

Baca juga: Jangan Asal, Gunakan Klakson Juga Ada Etikanya

Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.KOMPAS.COM/HIMAWAN Kemacetan yang ditimbulkan warga saat hendak mencari tempat mengungsi saat gempa terjadi di Mamuju, Rabu (8/6/2022) siang tadi.

“Beberapa mobil menggunakan spiral kabel untuk klakson, itu sering terjadi kabelnya putus karena spiral kabel sering menegang dan mengendur sesuai dengan pergerakan roda kemudi,” ucap Arjun.

Dia mengatakan, untuk melakukan pengecekan kerusakan pada kelistrikan khususnya klakson memang membutuhkan pemahaman yang mendasar, jadi yang sering digunakan adalah logika dalam menganalisa.

Jika tanpa pemahaman yang mendasar, maka mengecek klakson menjadi susah sehingga perlu bantuan tenaga ahli atau mendatangi bengkel terpercaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com