Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW G310 RR Terbaru Siap Meluncur, Dijual Rp 50 Jutaan

Kompas.com - 08/07/2022, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah muncul lewat video teaser di halaman media sosialnya, BMW Motorrad India telah menetapkan tanggal peluncuran BMW Motorrad G310RR pada 15 Juli 2022.

Dilansir dari Paultan (7/7/2022), BMW Motorrad G310RR diprediksi bakal dijual dengan harga setara Rp 50 jutaan di India.

Seperti diketahui, TVS Motor Company India merancang dan memproduksi untuk BMW Motorrad. Di mana motor-motor seperti G310 dan G310RR menggunakan basis mesin yang sama seperti TVS Apache 310RR.

Baca juga: Alasan Kenapa Mobil Masih Bisa Jalan meskipun Indikator Bensin E

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BMW Motorrad India (@bmwmotorrad_in)

Basis mesin ini bahkan sempat ditampilkan dalam seri balap one-make di Asia Road Racing Championship.

Di atas kertas, motor ini mengusung mesin satu silinder 312,2 cc yang menghasilkan 34 PS atau setara 32 tk pada 9.700 rpm dan torsi mencapai 27,2 Nm pada 7.700 rpm.

Tenaga sampai ke roda belakang melalui slipper clutch yang dilengkapi girboks enam percepatan dan chain final drive.

Baca juga: Beda Konsep, Modifikasi Honda ADV 160 Pakai Setang Bongkok

Fitur unik dari G310RR adalah konfigurasi pemasangan mesin “kemiringan terbalik”, yang memiringkan silinder ke belakang dan membalikkan kepala silinder.

Ini menempatkan asupan udara di bagian depan motor, dengan knalpot keluar ke belakang, tidak seperti tata letak mesin pada umumnya yang terbalik.

Pengisian bahan bakar dilakukan oleh EFI dan throttle ride-by-wire, memungkinkan empat mode berkendara – Track, Sport, Urban dan Rain.

Baca juga: Toyota GR Yaris Bakal Semakin Langka di Indonesia

Teaser iklan BMW G310 RR yang diprediksi akan meluncur tak lama lagi.Foto: Greatbiker Teaser iklan BMW G310 RR yang diprediksi akan meluncur tak lama lagi.

Karena menggunakan Apache 310RR sebagai basis, dapat diasumsikan bahwa G310RR juga akan menampilkan konektivitas Bluetooth melalui layar TFT-LCD-nya, yang ditunjukkan dalam video teaser sebelumnya, bersama dengan laptimer dan data logger.

Pengereman dilakukan oleh Brembo menggunakan merek rumah Bybre, kaliper empat piston radial-mount yang menjepit cakram 300 mm di depan dan kaliper piston tunggal menghentikan cakram 240 mm di belakang, dengan ABS dua saluran sebagai standar.

Suspensi menggunakan garpu upside-down KYB yang tidak dapat disetel dan monoshock yang dapat disesuaikan preload di bagian belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com