Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kupas Fitur Keamanan dan Kenyamanan Suzuki Ertiga Hybrid

Kompas.com - 29/06/2022, 17:53 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ertiga Smart Hybrid resmi dijual di Indonesia pada awal Juni 2022. Diklaim langsung laris dan mendominasi penjualan Ertiga sepanjang bulan ini, yaitu 1.842 unit.

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra mengatakan, jumlah SPK itu terkumpul dari 10-20 Juni 2022.

"Tercatat bahwa 70 persen dari penjualan Ertiga, yaitu Ertiga Hybrid, atau tepatnya sekitar 72 persen," tutur Donny belum lama ini.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Mendaftar Beli Pertalite dan Solar Mulai 1 Juli

Keberhasilan Ertiga hybrid tentunya berkat sejumlah keunggulan yang ditawarkan, termasuk beragam fitur keamanan dan kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang.

Berikut fitur keamanan dan kenyamanan yang ada di Ertiga hybrid:

• Fitur keselamatan saat berkendara:

Cruise Control

Fitur ini merupakan fitur yang membuat kendaraan dapat berjalan dengan kecepatan tertentu tanpa harus menginjak pedal gas.

Fitur ini disematkan di All New Ertiga Hybrid untuk memberikan kemudahan bagi pengendara bila ingin berada pada kecepatan tertentu dan bahan bakar mobil lebih irit karena posisi gas yang stabil.

Untuk mengaktifkan fitur ini cukup mudah, pengendara harus memastikan tombol cruise yang ada pada stir sudah aktif. Kemudian fitur Cruise Control bisa berfungsi pada kecepatan lebih dari 43 Km/jam pada transmisi otomatis dan pada transmisi manual akan aktif pada posisi gigi 3 sampai 5.

Apabila Cruise Control tidak aktif namun mesin masih hidup, cukup tekan Res+ maka fungsi Cruise Control aktif kembali. Pada fitur ini, apabila ingin menambah kecepatan cukup tekan Res+ dan jika ingin mengurangi kecepatan tekan Set-.

Cara penggunaan fitur ini adalah injak pedal gas guna mengakselerasi kecepatan, kemudian lepas pedal gas maka kecepatan akan kembali pada kecepatan yang sudah di set sebelumnya. Untuk me-non aktifkan fitur ini, tekan cancel atau dengan injak pedal rem.

Gear Shift Indicator

Fitur ini disematkan untuk memberikan indikasi posisi gigi yang paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar All New Ertiga Hybrid. Cara membacanya pun cukup mudah, yaitu apabila lampu panah ke atas menyala putih maka disarankan posisi gigi dipindahkan ke satu gigi di atasnya.

Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameranDok. SIS Ilustrasi Suzuki Ertiga Hybrid di sebuah pameran

 

Kemudian apabila lampu panah tidak menyala putih, maka posisi gigi saat ini adalah posisi yang tepat paling ekonomis dalam konsumsi bahan bakar. Terakhir, apabila lampu panah ke bawah menyala putih, maka disarankan posisi gigi dipindahkan satu gigi di bawahnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com