Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Peredam Kabin buat LCGC, Kurangi Suara Berisik

Kompas.com - 26/06/2022, 15:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Low Cost Green Car atau LCGC merupakan mobil yang cukup digemari di masyarakat. Selain harganya yang terjangkau dan terkenal irit bahan bakar, mobil jenis ini juga memiliki desain yang tidak kalah menawan dari mobil-mobil di pasar otomotif Indonesia.

Hanya saja, mobil ini dibuat dari bahan yang lebih ringkas, maka wajar saja jika mobil ini kurang baik dalam meredam suara di jalan.

Baik suara knalpot, suara gesekan ban dan permukaan jalan, hingga suara berisik di atap ketika turun hujan.

Maka dari itu, banyak orang yang mencari cara agar kebisingan tersebut bisa diredam. Salah satunya yaitu dengan cara memasang peredam di bagian-bagian tertentu seperti di balik plafon, door trim, lantai dasar, hingga kap mesin.

Baca juga: Bikin Audio Lebih Bagus, Pasang Peredam Kabin Mobil Tetap Plus Minus

Ilustrasi peredam kabin dari Z3RO Solution buat mobilKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi peredam kabin dari Z3RO Solution buat mobil

Pemilik Manguenworks Car Audio Installer, Ari Nugroho mengatakan untuk LCGC sebaiknya memang dipasang peredam penuh biar maksimal mengurangi suara berisik di dalam kabin.

“Untuk titik peredaman tergantung prioritas, mau meredam bagian yang apa dulu. Kalau meredam suara saat jalan, bisa fokus pada lantai dasar dan sekitaran roda. Cuma kalau mau sempurna ya harus diredam secara penuh. Terlebih lagi untuk LCGC yang memang bahan materialnya ditekan dari pabrikan,” ucap Ari kepada Kompas.com, Minggu (26/6/2022).

Ari mengatakan untuk biaya pemasangan tergantung dari tingkat kesulitan pemasangan, banyaknya bahan yang dibutuhkan serta jenis bahan yang digunakan untuk meredam. Karena setiap mobil membutuhkan perlakuan yang berbeda-beda.

Baca juga: Bagaimana Cara Memasang Peredam Suara Mobil

Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Z3RO Solution, peredam suara mobil di IIMS 2022.

“Misal Ayla, itu pasang peredam penuh sekitar Rp 4 jutaan, itu diredam semua sampai atapnya juga, pakai kualitas menengah. Itu kisaran harga per lembarnya Rp 100.000 - Rp 150.000 untuk yang kualitas menengah. Kalau mau yang bagus per lembarnya sampai Rp 300.000, dua kali lipatnya,” ucap Ari.

Selain kualitas menengah dan bagus, Ari juga mengatakan ada bahan yang kualitasnya buruk yang terbuat dari bahan aspal. Hanya saja itu tidak direkomendasikan lantaran sifat aspal yang bisa memuai ketika terkena panas.

“Yang murah harganya tidak sampai Rp 100.000. Jadi kalau mau pakai yang murah, bisa diaplikasikan pada lokasi yang tidak menggantung seperti di lantai. Cuma saya jarang pakai yang murah ini,” jelas Ari.

Sehingga, biaya untuk pemasangan peredam pada LCGC beragam, tinggal disesuaikan dengan kemampuan masing-masing dengan mempertimbangkan kualitas bahan.

Dengan kata lain, pemasangan peredam secara penuh yang direkomendasikan untuk LCGC mulai dari Rp 4 jutaan sampai Rp 18 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com