Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Yamaha All New R15 di Sirkuit Sentul

Kompas.com - 22/06/2022, 10:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com - Sebelum Yamaha Sunday Race (YSR) 2022 akhir pekan lalu (19/6/2022), media diajak mencicipi Sirkuit Sentul, menggunakan All New R15 dalam kegiatan bLU cRU Riding Experience.

Kompas.com mencicipi Sirkuit Sentul sebanyak dua lap. Rombongan terdiri dari dua grup, tiap grup berjumlah tujuh motor. Motor tidak dilepas sendiri tapi ditemani instruktur safety riding Yamaha.

Baca juga: Video Pengendara Motor Modifikasi Lampu Belakang, Bikin Silau

"Di sini kita senang-senang. Tujuannya kita cobain motor bukan cobain sirkuit, jadi bukan balapan," kata Muhamad Arief Instruktur Yamaha Riding Academy, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pekan lalu.

bLU cRU Riding ExperienceFoto: Yamaha bLU cRU Riding Experience

Sebelum turun ke sirkuit, M Faerozi Toreqottullah hadir memberikan coaching clinic. Pebalap binaan Yamaha Racing Indonesia (YRI) itu memberikan panduan teknik berkendara di Sirkuit Sentul.

"Jadi runtunannya, di R1 pakai gigi 4, kemudian R2 fleksibel saja. Terus di R3 pakai gigi 4, kemudian fleksibel lagi. Pada tikungan "S kecil pakai gigi 3, dan di R terakhir pakai gigi 3 dan keluar terakhir bisa pakai gigi 4," kata Faeroz.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Bila Motor Selesai Dicat Ulang

"Tapi saya ingatkan soal kondisi sirkuit. Kondisi sirkuit yang paling mesti diwaspadai ialah dari S besar sampai tikungan terakhir. Jalannya berlubang, kalau kena ban posisi motor agak miring akan goyang, dan jangan terlalu keluar karena berpasir," katanya.

bLU cRU Riding ExperienceFoto: Yamaha bLU cRU Riding Experience

Sebelumnya Kompas.com pernah menjajal All New R15M di Sirkuit Sentul saat baru meluncur, pertengahan Desember 2021. Tapi kini motor yang dipakai ialah All New R15 versi biasa.

Untuk pengendalian bisa dibilang sama. Saat diajak bermanuver di tikungan motor terasa "nurut" dan ringan. Suspensinya juga tidak ada catatan khusus, handling yang ditawarkan stabil.

Baca juga: Ini Fungsi Rumble Strip di Jalan, Polisi Tidur Tipis tapi Banyak

Sedangkan untuk pengereman, teknologi Anti-lock Braking System (ABS) pada motor ini juga menunjang keamanan saat di jalan yang kondisinya basah. Soal top speed, Kompas.com mencatat 120 kpj di trek lurus Sirkuit Sentul.

Yamaha Sunday Race 2022Foto: Yamaha Yamaha Sunday Race 2022

Bedanya dengan R15M ialah versi standar tidak punya quick shifter. Soal rasa berkendara posisi badan sama seperti saudaranya ergonomis buat rider dengan postur tinggi 168 cm dan berat 70 kg.

Dapur pacunya dibekali mesin 155 cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan, berteknologi VVA, dan menggunakan transmisi 6-percepatan. Tenaganya mencapai 19 tk pada 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com