Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Istilah Retrim Sarung Jok Mobil

Kompas.com - 21/06/2022, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Setiap mobil dilengkapi dengan jok yang dilapisi bahan berbeda dari masing-masing pabrikan.

Kendati telah dirancang agar menjadi interior yang senyaman mungkin, tidak jarang pemilik mobil merasa kurang puas pada tampilan jok.

Baca juga: Fatalnya Asal Memasang Karpet Mobil

Alhasil, retrim jok banyak dipilih oleh pemilik kendaraan. Retrim jok sendiri merupakan modifikasi dengan cara melapisi ulang jok mobil.

Cara pengerjaannya, yakni jok mobil akan menggunakan sarung atau dilapisi ulang dengan bahan baru. Biasanya, retrim dilakukan oleh pemilik mobil yang punya tampilan interior standar atau lawas.

Edy, Pemilik bengkel spesialis interior mobil Vertue Concept di Sunter, Jakarta Utara mengatakan jika kelebihan dari retrim jok yaitu bahan yang digunakan dan bentuknya bisa menyesuaikan dengan keinginan pemilik.

“Bisa juga ditambahkan busa pada jok agar semakin nyaman. Penyesuaian seperti ini hanya bisa dilakukan ketika retrim jok,” katanya kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Selain itu, ketika melakukan retrim jok, lapisan fabric bawaannya akan diberikan kepada pelanggan.

“Jadi kalau misalnya ingin dikembalikan ke standar bisa dilakukan,” kata Edy.

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

Namun, jika bicara harga atau biaya yang harus dikeluarkan tentunya akan lebih mahal dari modifikasi dengan cara menggunakan sarung jok. Tidak hanya itu saja, pemasangannya juga jauh lebih rumit.

Baca juga: Paten Toyota Crown 2023, Punya Siluet Bodi Mirip Honda Civic

“Jika bicara harga, sudah pasti sarung jok lebih murah. Sebab retrim mengganti fabric dengan lapisan yang baru. Sementara, sarung jok lebih mudah dipasang, karena tidak perlu melepas bahan fabric pada jok bawaan,” kata Edy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com