Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Cedera, Alex Rins Terpaksa Mundur dari MotoGP Jerman

Kompas.com - 19/06/2022, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Alex Rins terpaksa mundur dari MotoGP Jerman. Cedera yang didapatnya dari seri sebelumnya ternyata masih menghantuinya di Sachsenring.

Pada MotoGP Catalunya, pebalap Suzuki tersebut terjatuh pada tikungan pertama di lap pertama. Penyebabnya adalah Takaaki Nakagami yang kehilangan kendali motornya dan terjatuh menabrak Rins.

Baca juga: Bicara Nasib Alex Rins di MotoGP 2023, Harus Rela Dibayar Rendah

Rins mengalami cedera, tapi lalu dinyatakan sehat untuk bisa mengikuti MotoGP Jerman. Sayangnya, Rins merasakan sakit yang lebih parah dari dugaannya setelah sesi latihan bebas FP3.

Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.AFP/LLUIS GENE Pebalap Honda LCR Takaaki Nakagami (tengah) terjatuh sehingga berdampak pada jatuhnya pebalap Suzuki Alex Rins (kanan) dan pebalap Ducati Francesco Bagnaia (kiri) pada MotoGP Catalunya di Circuit de Catalunya pada 5 Juni 2022 di Montmelo di pinggiran Barcelona.

"Saya telah memutuskan, bersama dengan tim, untuk berhenti balapan dan tidak berkompetisi pada balapan akhir pekan ini," ujar Rins, dikutip dari Crash.net, Minggu (19/6/2022).

Rins menambahkan, dia merasa tangan dan pergelangannya lebih sakit dibandingkan pada saat FP1 dan FP2. Dia merasa sangat kesakitan saat mencoba mencatatkan waktu tercepat hingga merasa dirinya tidak sanggup untuk balapan kali ini.

Baca juga: Takaaki Nakagami Minta Maaf ke Bagnaia dan Rins

"Atas alasan tersebut, kami memilih untuk fokus pada penyembuhan dan lebih kuat untuk Belanda. Semoga saja kondisi fisik saya akan lebih baik di Assen, khususnya karena ini trek yang sangat saya suka," kata Rins.

Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.Dok. Suzuki Tim Suzuki Ecstar yang diwakili Alex Rins dan Joan Mir mengaku puas raih posisi 5 dan 6 di MotoGP Mandalika 2022.

Manajer tim Suzuki Livio Suppo pun menyayangkan kondisi tersebut. Tapi, rasa sakitnya membuat tidak masuk akal untuk mengambil risiko yang lebih besar.

"Kami harap Alex bisa lebih baik kondisinya dalam beberapa hari ke depan sebelum kami ke Belanda pekan depan. Saya ingin berterima kasih padanya atas usaha yang sudah dia lakukan untuk bisa berada di sini, dan terima kasih pada tim atas pekerjaan yang sudah dilakukan," ujar Suppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com