Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Kebocoran Arus pada Mobil, Aki Bisa Tiba-tiba Soak Sendiri

Kompas.com - 19/06/2022, 08:12 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebocoran arus merupakan penyakit pada kendaraan yang kerap disepelekan. Padahal ini merupakan permasalahan yang serius, terlebih lagi untuk mobil modern yang dilengkapi sistem kelistrikan untuk menunjang performa mesin.

Pasalnya, kebocoran arus listrik ini akan membuat aki melemah, sekali pun kunci kontak dicabut. Kondisi bisa lebih parah lagi, jikalau mobil tersebut jarang digunakan, maka daya aki bisa habis.

Kebocoran arus sendiri merupakan konsumsi daya aki yang tidak diinginkan oleh sistem. Sederhananya, semua komponen pada mobil mati namun tetap ada arus listrik yang mengalir, sehingga bisa membuat daya aki habis, perlahan tapi pasti.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ukuran Aki Mobil Besar Arus Listrik Jadi Lebih Stabil?

poisisi tepat untuk mengetahui kepala akiSuprawitno poisisi tepat untuk mengetahui kepala aki

Pemilik Anugerah Auto Service, bengkel spesialis elektrikal, Arjun mengatakan, selama kebocoran arus tersebut masih di bawah limit, maka tidak menjadi masalah. Tapi, kalau sudah melebihi limit maka perlu dilakukan tindakan.

“Sebaiknya dilakukan pengecekan, caranya juga tidak susah, hanya dengan melepas terminal negatif aki lalu dipasangkan dengan AVO meter secara seri untuk membaca berapa besar arus yang mengalir (ampere) ketika kunci kontak dicabut,” ucap Arjun kepada Kompas.com, Sabtu (18/6/2022)

Jika kelistrikan pada mobil tidak bermasalah, maka dari pengukuran tersebut dijumpai hasil tidak lebih dari 0,1 ampere. Tapi, jika hasilnya menunjukkan lebih dari 0,1 ampere maka kebocoran arus tersebut cukup besar.

Baca juga: Jangan Salah, Daya Aki Mobil Bisa Tekor meski Jarang Digunakan

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Semakin besar arus yang mengalir menandakan ada beban yang masih aktif atau menyedot daya aki. Padahal, sewajarnya beban listrik mobil dengan kondisi kunci kontak dicabut itu mendekati nol, karena tidak ada beban sama sekali yang masih aktif.

Bayangkan saja jika kebocoran arus listrik itu sebesar 1 ampere, maka aki dengan kapasitas 60 ampere hour akan habis dalam waktu 60 jam. Ini artinya, mobil tidak dihidupkan selama 3 hari saja bisa membuat aki sebesar itu tekor, bahkan kurang dari 3 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com