Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Ojol, Berhenti di Pinggir Jalan Jangan Asal Buka Pintu Mobil

Kompas.com - 18/06/2022, 08:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berhenti di pinggir jalan, pengemudi mobil seringkali kurang berhati-hati saat membuka pintu. Padahal, pengemudi perlu memperhatikan keadaan lalu lintas di sekitarnya agar tidak mencelakakan pengguna jalan yang lain.

Kembali terjadi, seorang pengendara motor terlihat menabrak pintu mobil yang dibuka secara tiba-tiba di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Kamis (16/6/2022) yang lalu. Rekaman kejadian diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Beruntung, pemilik rekaman dashcam mengatakan bahwa pengendara motor tersebut selamat dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca juga: Kasus Salah Isi BBM, Ini Pentingnya Keluar dari Mobil Saat Isi BBM

Saat akan membuka pintu mobil yang terparkir di pinggir jalan, Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, pengemudi atau pemilik kendaraan perlu memperhatikan keadaan lalu lintas dari kaca spion, memastikan bahwa area sekitar sudah aman atau kosong.

"Sebelum membuka pintu, sebaiknya melihat ke spion dan menengok ke belakang untuk memaksimalkan area pandang, sebelum membuka pintu kendaraan," ucap Marcell.

Selain melihat spion, pengemudi juga bisa menengok langsung ke belakang untuk memastikan kondisi lalu lintas di sekitar mobil.

Kedua, buka pintu secara perlahan khususnya jika jalanan di sekitar mobil padat, sembari memastikan keadaan di sekitarnya aman. Hal ini juga bisa menjadi sinyal bagi pengguna jalan lain bahwa ada mobil yang akan dibuka pintunya.

"Dengan begitu, pengendara lain bisa melakukan antisipasi atau menghindar. Setelah dipastikan aman pengemudi bisa membukanya lebih lebar dan keluar dari mobil," ucap Marcell.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com