Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov DKI Siapkan Angkutan Listrik Gratis, dari Stasiun Duri ke PIK

Kompas.com - 17/06/2022, 16:56 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara perlahan mobil listrik mulai dipakai instansi pemerintah sebagai angkutan umum. Seperti Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang menggunakan DFSK Gelora E.

Angkutan listrik jenis minibus ini digunakan untuk mengantar warga dari Stasiun Duri ke Taman Baharia Pantai Indah Kapuk (PIK) 2.

"Hari ini kita menyaksikan peresmian kendaraan listrik dari stasiun duri ke PIK demi peningkatan layanan kepada masyarakat," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, dilansir dari Antara (17/6/2022).

Baca juga: Perbandingan Bus Mesin Depan dan Belakang, Mana yang Lebih Nyaman?

DFSK Gelora E, Kendaraan niaga dengan tenaga listrikDFSK DFSK Gelora E, Kendaraan niaga dengan tenaga listrik

Syafrin mengatakan, penggunaan transportasi bermesin listrik ini sangat didukung oleh pemerintah lantaran dapat mengurangi polusi udara.

Nantinya, satu unit mobil listrik ini akan dilakukan uji coba selama tiga bulan operasi dari Stasiun Duri ke PIK.

"Selama operasional akan dilakukan pengawasan dan evaluasi. Pertama, spesifikasi kendaraan apakah sesuai dengan karakteristik jalan di DKI," ucap Syafrin.

Baca juga: Pilihan Mobil Listrik Murah, Harga Mulai Rp 75 Juta

Selain itu, pihaknya juga akan memeriksa aspek keselamatan kendaraan, telah memenuhi standar atau tidak.

Selanjutnya, pihaknya akan menyesuaikan waktu operasi dengan titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, pihaknya akan menilai apakah kendaraan listrik itu layak beroperasi di wilayah Ibu Kota atau tidak.

Baca juga: Waspada, Mayoritas Motor Matik Alami Kecelakaan di Turunan Curam

DFSK Gelora EDOK. DFSK DFSK Gelora E

Seperti diketahui, angkutan khusus TRON Shuttle ini dilengkapi dengan beragam perangkat untuk pengawasan kendaraan dan kenyamanan penumpang.

Beberapa teknologi canggih yang ada di kendaraan seperti GPS, CCTV, kamera sensor Jalan (ADAS), kamera sensor pengawasan pengemudi (DSM), LED, serta perangkat Tap on Bus untuk pembayaran non tunai.

Kapasitas kendaraan jenis bus kecil ini pun bisa menampung sebanyak tujuh orang termasuk pengemudi.

Baca juga: Daihatsu Gran Max Facelift Meluncur, Fitur Semakin Lengkap

Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (kanan) dan staf utama Menteri Perhubungan bidang trasnportasi darat dan konektivitas Budi Setiyadi (kiri) mencoba armada TRON Shuttle angkutan pengumpan berbasis listrik tujuan Stasiun Duri - Taman Baharia PIK saat peluncuran masa uji coba di Stasiun Duri, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) bekerja sama dengan operator Trans Mikro Bersama meluncurkan uji coba Tron Shuttle angkutan pengumpan berbasis listrik terintergrasi dengan tujuan Stasiun Duri - Taman Baharia PIK untuk meningkatkan minat masyarakat beralih ke transportasi umum ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.Hafidz Mubarak A Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (kanan) dan staf utama Menteri Perhubungan bidang trasnportasi darat dan konektivitas Budi Setiyadi (kiri) mencoba armada TRON Shuttle angkutan pengumpan berbasis listrik tujuan Stasiun Duri - Taman Baharia PIK saat peluncuran masa uji coba di Stasiun Duri, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON) bekerja sama dengan operator Trans Mikro Bersama meluncurkan uji coba Tron Shuttle angkutan pengumpan berbasis listrik terintergrasi dengan tujuan Stasiun Duri - Taman Baharia PIK untuk meningkatkan minat masyarakat beralih ke transportasi umum ramah lingkungan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.

Sementara itu, CEO PT Rancang Olah Nusantara (TRON) David Santoso, selaku penyedia mobil listrik mengaku siap membantu pemerintah dalam urusan moda transportasi listrik.

Ia juga memastikan selama uji coba, kendaraan ini akan beroperasi secara gratis. Untuk penentuan tarifnya akan disesuaikan pasca tiga bulan uji coba

"Kita akan lihat animo masyarakat selama uji coba," kata David.

Baca juga: Viral Pengendara Ribut dengan Petugas SPBU di Bintaro, Diduga Salah Isi BBM

Kabin DFSK GeloraDFSKMOTORS.CO.ID Kabin DFSK Gelora

Menurut David, penggunaan transportasi umum berbasis listrik sudah menjadi kebutuhan di kota besar seperti DKI Jakarta. Oleh karena itu, pihaknya hadir untuk memberikan fasilitas tersebut kepada masyarakat.

"Khususnya bagi karyawan yang bermobilisasi dan bekerja di daerah sekitar PIK agar dapat lebih menghemat waktu dan biaya dalam perjalanan," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com