Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Lampu Sein Mobil Berkedip Lebih Cepat daripada Biasanya

Kompas.com - 11/06/2022, 15:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu sein berkedip lebih cepat dari biasanya bisa terjadi kapan saja, sebab kerusakan komponen lampu tidak bisa diprediksi. Fenomena ini menandakan ada kerusakan pada sistem kelistrikan yang terjadi.

Tidak peduli mobil tua atau muda, komponen lampu pada mobil memang sering rusak, khususnya bohlam putus. Penyebab lampu sein berkedip lebih cepat dari biasanya bisa saja menjadi pertanda bahwa ada salah satu bohlam sein yang putus.

Foreman Nissan Bintaro Mukti Aji mengatakan, lampu sein yang berkedip lebih cepat dari biasanya bisa menjadi indikator bahwa ada salah satu bohlam yang putus.

Baca juga: Ingat, Tiap Berpindah Jalur Wajib Menyalakan Lampu Sein

Tuas lampu sein- Tuas lampu sein

“Bisa karena salah satu bohlamnya putus, atau telah dilakukan penggantian bohlam yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrik,” ucap Mukti kepada Kompas.com, Kamis (9/6/2022).

Jadi, dalam suatu rangkaian kelistrikan, komponen satu dengan yang lain akan saling mempengaruhi. Misalkan ada satu bohlam yang putus maka akan berpengaruh kepada komponen lain yang berada satu rangkaian.

Nah, pada rangkaian lampu sein ada komponen yang namanya flasher, yang berfungsi mengatur lampu agar mau berkedip-kedip secara otomatis. Nah, flasher ini menghitung beban total pada satu rangkaian yang aktif dalam menentukan kecepatan lampu sein berkedip.

Baca juga: Ingat Jarak Aman Gunakan Lampu Sein

Sebuah video memperlihatkan aksi dua mobil diduga sedang balap liar di Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Jumat (27/5/2022). Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Sebuah video memperlihatkan aksi dua mobil diduga sedang balap liar di Jalan Kyai Tapa, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, pada Jumat (27/5/2022).

 

Ketika dalam satu rangkaian itu ada perubahan beban, maka hal itu mengubah angka beban yang flasher terima. Sehingga lampu sein pun berkedip lebih cepat dari biasanya. Seperti ketika salah satu lampu sein putus, beban total akan berkurang.

Tidak hanya bohlam yang putus, penggantian bohlam yang tidak sesuai spesifikasi juga akan menentukan kecepatan lampu sein berkedip. Semakin kecil bebannya maka akan semakin cepat dan semakin besar beban maka akan semakin lambat kedipan lampunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com